Ini Fitur WA Business dibanding WhatsApp Biasa, Ada WhatsApp Pay ! - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Fitur WA Business dibanding WhatsApp Biasa, Ada WhatsApp Pay !

Pada zaman yang semakin maju seperti sekarang, media sosial tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi pribadi, tetapi juga dimanfaatkan sebagai senjata penting dalam dunia bisnis. Salah satu platform yang paling populer untuk berkomunikasi adalah WhatsApp. WhatsApp telah menjadi alat yang efektif untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan juga rekan bisnis. Namun, dengan kemunculan WhatsApp Business, banyak keuntungan baru yang bisa dirasakan oleh para pelaku bisnis. 
Dalam artikel ini, kita akan melihat fitur-fitur WhatsApp Business yang dapat membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik daripada WhatsApp biasa untuk kebutuhan bisnis Anda.
 
wa business
 

1. Profil Bisnis

Salah satu perbedaan utama antara WhatsApp biasa dan WhatsApp Business adalah kehadiran profil bisnis. Dalam WhatsApp Business, pengguna dapat membuat profil bisnis mereka sendiri. Ini memungkinkan pelanggan untuk melihat informasi berharga tentang bisnis tersebut, seperti alamat, deskripsi, jam buka, dan situs web. Dengan menggunakan fitur ini, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui lebih banyak tentang bisnis Anda, yang dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan mereka.

2. Chat Otomatis

WhatsApp Business juga dilengkapi dengan fitur balas chat otomatis. Dalam bisnis, penting untuk memberikan respons yang cepat kepada pelanggan. Namun, terkadang bisnis sibuk dan tidak dapat merespons setiap pesan secara langsung. Dengan menggunakan fitur pesan otomatis, Anda dapat membuat pesan yang akan dikirim secara otomatis kepada pelanggan ketika mereka menghubungi Anda.  

chat bot whatsapp

 
Pesan ini dapat berisi informasi penting seperti jam operasional, penawaran khusus, atau pesan terima kasih. Dengan fitur ini, Anda dapat menjaga komunikasi yang efektif dengan pelanggan Anda, bahkan dalam situasi sibuk sekalipun.
 
Cara Membuat Balasan Chat Otomatis di Whatsapp Business bisa dibaca disini : 
 

3. Chat Statistik

Fitur lain yang melengkapi WhatsApp Business adalah statistik pesan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melacak dan menganalisis pesan yang dikirim dan diterima. Anda dapat melihat berapa banyak pesan yang dikirim, diterima, dan dibaca oleh pelanggan Anda. Dengan informasi ini, Anda dapat memahami tingkat keterlibatan pelanggan dan menyesuaikan strategi pemasaran Anda. Statistik pesan WhatsApp Business membantu Anda dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih baik berdasarkan data yang akurat.

4. Katalog WhatsApp

WhatsApp Business juga memberikan kemudahan dalam proses pemesanan dan pembayaran. Dalam aplikasi ini, Anda dapat membuat katalog produk atau layanan Anda sendiri. Pelanggan dapat melihat daftar produk, melihat gambar, dan melihat deskripsi sebelum melakukan pembelian, contoh sebagai ilustrasi gambar berikut :
 
cara buat katalog jualan di wa

 
 
Untuk membuat katalog di WhatsApp bisa membaca artikel berikut :
 
 

5. WhatsApp Pay

Selain itu, WhatsApp Business juga mendukung pembayaran melalui WhatsApp Pay, yang memungkinkan pelanggan untuk langsung melakukan pembayaran melalui aplikasi tersebut. Fitur-fitur ini membuat proses pemesanan dan pembayaran menjadi lebih mudah dan nyaman bagi pelanggan Anda.
 
whatsapp pay
 
Selain kelebihan diatas, WhatsApp Business memiliki fitur kelompok yang lebih canggih dibandingkan dengan WhatsApp biasa. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat grup berisi rekan kerja atau pelanggan Anda. Dalam grup tersebut, Anda dapat berdiskusi, memberikan pembaruan, dan berbagi informasi yang relevan. Dengan fitur kelompok yang lebih canggih ini, Anda dapat meningkatkan kolaborasi tim dan menjaga hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.
 
Secara keseluruhan, WhatsApp Business memberikan banyak fitur yang berguna bagi pelaku bisnis. Dari profil bisnis, pesan otomatis, statistik pesan, proses pemesanan dan pembayaran hingga fitur kelompok yang lebih canggih, WhatsApp Business menjadi alat yang sangat berharga dalam menjalankan bisnis Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan efisiensi komunikasi dalam bisnis Anda.
 
Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, para pelaku bisnis harus selalu mencari cara baru untuk meningkatkan kualitas layanan dan memenuhi kebutuhan pelanggan. WhatsApp Business adalah solusi yang sempurna untuk itu. Dengan fitur-fitur yang kuat dan berguna, WhatsApp Business membantu membangun hubungan yang lebih baik antara pelaku bisnis dan pelanggan mereka. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan kinerja bisnis Anda, tidak ada alasan untuk tidak mencoba WhatsApp Business sekarang juga.
close