Fungsi Flux Pasta Solder - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Flux Pasta Solder

salah satu bahan yang memudahkan ketika menyolder komponen ialah flux. Flux atau pasta solder atau solder grease merupakan bahan senyawa yang berfungsi untuk meminilisir terjadinya lapisan oksidasi saat menyolder komponen menggunakan timah. 


 

Oksidasi ketika menyolder penting untuk dihilangkan. Kenapa demikian? karena lapisan oksidasi dapat menimbulkan sifat korosif pada timah. Sehingga ketika timah digunakan menggunakan solder, hasil dari solder menjadi tidak awet dan dapat mengakibakan kurang rekat dan kontak antara komponen yang disolderkan ke papan sirkuit.

Jika hasil solder yang terjadi oksidasi, maka akibatnya koneksi arus dan tegangan antar komponen melalui papan sirkuit menjadi terhambat atau tidak sempurna.

Cara menggunakan Flux / Pasta Solder

Untuk menggunakan pasta solder ketika melakukan aktivitas soldering cukup mudah. 

  1. Panaskan solder
  2. Jika suhu solder sudah cukup panas arahkan mata solder kedalam wadah flux/ pasta.
  3. Lekatkan mata solder dan timah seperti biasa.

Dalam penggunaanya menggunakan pasta solder akan membuat mata solder menjadi lebih awet, dan membuat hasil solderan menjadi lebih baik. Untuk brand pasta solder sendiri ada yang murah 10 ribu hingga 20 ribu. Namun untuk brand yang bagus rekomendasi dari jufrika.com ialah lotfett dan pro paste. Link pembelian bisa melalui link tokopedia dibawah ini :

BELI SEKARANG

close