Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Chat Otomatis di Whatsapp Business

WhatsApp Business adalah platform komunikasi yang sangat berguna bagi pengusaha untuk terhubung dengan pelanggan mereka dengan lebih efisien. Salah satu fitur yang sangat berguna dari WhatsApp Business adalah kemampuan untuk membuat chat otomatis, yang memungkinkan Anda untuk memberikan balasan otomatis kepada pelanggan Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat chat otomatis di WhatsApp Business, dengan menggunakan fitur auto reply.
 
chat bot wa
 
Sebelum kita mulai, pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp Business di perangkat Anda. Jika belum, Anda dapat mengunduhnya dari toko aplikasi resmi untuk sistem operasi Anda. Setelah menginstal aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat chat otomatis.
 
1. Buka aplikasi WhatsApp Business dan masuk ke akun bisnis Anda.
2. Klik pada ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar, kemudian pilih "Pengaturan".

3. Pada layar Pengaturan, lihat dan cari opsi "Fitur Bisnis". Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.
 
4. Gulir kebawah cari "fitur perpesanan" Maka anda akan melihat 4 opsi jenis fitur perpesanan. Yaitu :
  • Balasan Salam : Pesan otomatis yang akan dikirim saat seseorang atau pelanggan baru mengirim pesan pertama kepada whatsapp anda.
  • Balasan Pesan di luar jam kerja: Pesan otomatis yang akan dikirim saat Anda tidak aktif atau diluar jam kerja.
  • Balas Cepat : Pesan otomatis yang akan dikirim saat seseorang mengirim pesan yang berisi kata kunci tertentu.
  • Label: mengelola chat dan pelanggan atur label warna sesuai kebutuhan organisir.

fitur auto reply chat bot wa

 

5. Sekarang sebagai contoh, Kita buat pesan otomatis ke pelanggan baru pilih opsi "Salam". Kemudian aktifkan togle kirim salam, menyapa pelanggan saat mereka mengirim pesan kepada anda untuk pertama kalinya atau setelah 14 hari tidak aktif.

6. Selanjutnya, tulis pesan otomatis yang ingin Anda kirim. Pastikan pesan tersebut informatif dan jelas, dan sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Misalnya saja anda dapat menulis "Selamat datang di toko jufrika.com! Terima kasih atas menghubungi kami. Kami akan segera menjawab pertanyaan Anda. Mohon bersabar."

7. Setelah menulis pesan otomatis Anda, Anda juga dapat menambahkan opsi untuk mengirim pesan otomatis penerimanya untuk ke semua orang atau hanya ke kontak yang Anda pilih atau semua orang yang tidak ada di buku alamat (contact), kontak terkecuali.. atau hanya kirim ke.. . Secara default pesan otomatis akan dikirim kepada semua orang atau pelanggan. Kemudian simpan.

8. Misal sebagai contoh lagi, jika anda ingin mengatur batas waktu setelah pesan otomatis dikirim kepada costumer, Anda dapat mengatur Waktu Balasan dengan fitur "Pesan di luar jam kerja" Misalnya, jika anda ingin pesan otomatis khusus yang dikirim hanya saat Anda tidak aktif, Anda dapat mengatur waktu balasan Anda dari jam 9 malam hingga jam 8 pagi.

9. Setelah selesai mengatur pesan pesan otomatis, Anda dapat menyimpan dan mengaktifkannya dengan menggeser tombol "Hidupkan" atau menonaktifkannya dengan menggeser tombol togle "Matikan".

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil membuat chat otomatis di WhatsApp Business. Fitur ini sangat berguna untuk memberikan tanggapan cepat kepada pelanggan Anda, menghemat waktu Anda, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Namun, penting untuk diingat bahwa keberhasilan chat otomatis tergantung pada bagaimana Anda menggunakannya. Pastikan pesan otomatis Anda informatif, personal, dan relevan dengan pertanyaan yang diterima, untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, memberikan layanan pelanggan yang baik adalah hal yang sangat penting. Dengan menggunakan fitur chat otomatis di WhatsApp Business, Anda dapat meningkatkan efisiensi komunikasi Anda dengan pelanggan, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga Anda. Jadi, jangan ragu untuk mencoba fitur ini dan lihat bagaimana chat otomatis dapat membantu bisnis Anda tumbuh. Selamat mencoba!

to close