Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap Home Recording dengan BandLab: Rekaman Seperti Seorang Profesional di Rumah

Home Recording dengan BandLab - Dalam era digital ini, home recording telah menjadi solusi untuk musisi untuk menciptakan karya dari rumah tanpa harus recording di studio yang membtuhkan biaya mahal. Salah satu platform yang memudahkan proses ini adalah BandLab.

Dimana BandLab merupakan sebuah Digital Audio Workstation (DAW) berbasis cloud yang menyediakan fitur-fitur DAW premium secara GRATIS untuk membuat karya yang kreatif dan kolaboratif. Dalam panduan ini, kita akan membahas langkah-langkah rinci untuk memulai home recording dengan menggunakan BandLab, dari pemasangan peralatan hingga pengaturan proyek music sobat.

1. Pemasangan Peralatan Audio

Sebelum mulai merekam lagu atau music, pastikan peralatan Audio baik  input output terpasang dengan benar. Sambungkan antarmuka audio, mikrofon, dan instrumen Anda ke komputer atau laptop. Pastikan semuanya terdeteksi oleh komputer Anda dan siap digunakan, dan juga jangan lupa siapkan koneksi internet agar perekaman lebih stabil.

2. Unduh dan Instal BandLab Assistant

Langkah selanjutnya adalah mengunduh dan menginstal BandLab Assistant, langkah ini bersifat optional, namun menurut jufrika.com dengan aplikasi ini memudahkan manajemen proyek dan memastikan semua fitur BandLab dapat diakses dengan lancar, dari library, sound, hingga mastering. Untuk link download dapat sobat temui dibawah artikel ini.

3. Pembuatan Akun dan Profil

Buat akun BandLab dan lengkapi profil Anda dengan informasi yang relevan, bisa mendaftar manual menggunakan email, atau gmail, facebook, atau bahkan menggunakan akun apple ID.

4. Membuat Proyek Baru

Gunakan fitur "Create" untuk memulai membuat lagu. Pilih pengaturan proyek seperti tanda waktu, tempo, dan nama proyek yang menarik, jika bingung untuk mengetahui tempo lagu yang ingin direkam sobat bisa menggunakan sample audio kemudian upload menggunakan audio analyzer.

BACA : CARA MENCARI KETUKAN LAGU SECARA ONLINE

5. Menambahkan Track dan Konfigurasi Input

Tambahkan track untuk setiap elemen musik yang ingin Anda rekam. Pastikan mengonfigurasi input dengan benar pada setiap track sesuai dengan peralatan yang Anda gunakan. Dimana urutan yang benar untuk merekam sebuah lagu agar tidak bingung yaitu : 

  • Drum / Ketukan
  • Rhytme / Rhythm
  • Bass
  • Melodi & Harmoni
  • Lyric

6. Rekam Sound Anda

Rekaman track yang akan direkam dengan menekan tombol start record berwarna merah bulat untuk start dan stop. Mulai bermain dengan skill terbaik, hingga bernyanyi dan biarkan BandLab record performa gelombang suara.

7. Proses Editing


Setelah merekam, playback kembali dengar kembali apakah ada nada yang fals atau tidak, kalau diperlukan manfaatkan alat editing BandLab untuk menyempurnakan performa serta kualitas music dan suara. Tools editing yang bisa digunakan :

  • Misal jika ada noise gunakan noise silencer, dengan cara klik kanan pada wav gelombang record lalu pilih noise reduce/ silent.
  • Gunakan automatic untuk mengedit volume naik turun.
  • Atau ada bagian yang tidak perlu gunakan fitur cut, geser dan atur ulang posisi jika posisi tidak pas hingga menjadi sesuai lagu yang diinginkan.
  • Gunakan fitur copy jika ingin mengulang bagian, baik itu dalam satu track atau menambahkan track lain.
  • Gunakan Virtual instrument, baik itu bass, piano, gitar, hingga saxophone jika tidak memiliki instrument asli, namun perlu diketahui chord setiap tombol  di keyboard sebelum memulai record virtual instrument.
  • Dll

8. Mixing dan Menambah Efek

Setelah merekam track satu persatu dari instrumen hingga vocal lyric, Atur level volume setiap track, gunakan pan instrumen, dan tambahkan efek seperti reverb atau EQ, atau banyak efek lainnya yang disediakan bandlab untuk menciptakan feeling lagu yang diinginkan.

9. Ekspor dan Simpan Proyek

Terakhir, ekspor proyek Anda ke format audio yang diinginkan. Simpan proyek Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data.

10. Mastering Lagu


Setelah yakin dengan prject lagu sudah siap untuk di dengar oleh orang seluruh dunia, hasil export audio dapat di mastering agar audio yang keluar lebih balance dan layak untuk di dengar di platform music seluruh dunia. Mastering lagu di bandlab secara online itu gratis, tanpa harus membayar sepersenpun. Gunakan bandlab assistant bagian menu mastering untuk mastering lagu.

10. Kolaborasi dan Berbagi

Kelebihan BandLab yaitu memungkinkan kolaborasi antar musisi tanpa memandang jarak dan waktu maka itu ada baiknya sebelum mem publish sebuah musik atau lagu, ajak teman atau sesama musisi untuk bergabung dengan proyek Anda. 

Selain itu Di bandlab sobat juga membagikan karya Anda melalui platform BandLab atau media sosial lain atau distribusi musik ke sportify, joox lewat bandlab distribution.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengoptimalkan pengalaman home recording Anda dengan BandLab. Kombinasikan kreativitas musik Anda dengan fitur-fitur canggih BandLab, dan segera Anda akan menciptakan rekaman yang memukau dari kenyamanan rumah Anda. Selamat mencipta!

DOWNLOAD BANDLAB ASSISTANT

to close