Rahasia Mudah: Mencari Ketukan Lagu dengan Aplikasi Online! - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Mudah: Mencari Ketukan Lagu dengan Aplikasi Online!

Menentukan ketukan (beat) dari sebuah lagu secara otomatis dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi pemrosesan sinyal audio dan algoritma deteksi ketukan. Beberapa aplikasi dan perangkat lunak telah dikembangkan untuk membantu dalam menentukan ketukan secara otomatis. 

Dimana Ada beberapa aplikasi online yang dapat membantu sobat menentukan ketukan lagu secara otomatis. Berikut adalah beberapa contoh website online yang bisa sobat coba:

  1. Song BPM:



    • Song BPM adalah situs web yang memungkinkan sobat mengunggah lagu yang popular dan ingin mengetahui beat nya serta kunci dasarnya, atau memberikan tautan YouTube untuk mengetahui BPM (Beat Per Menit) dan detak ketukan lagu tersebut.
    • Kelebihannya database lagu yang popular cukup lengkap.
  2. GetSongBPM:



    • GetSongBPM adalah situs web yang menyediakan layanan serupa, bedanya get song rpm memiliki tools analyzer mengenai musik, salah satunya untuk mengetahui BPM lagu walaupun lagu itu tidaklah popular, cara menggunakannya juga cukup mudah tinggal upload drag and drop maka tools akan bekerja secara otomatis. 
    • Selain itu Sobat juga dapat mencari lagu atau menyalin dan menempelkan tautan YouTube untuk mendapatkan informasi BPM dan ketukan.
    • Format yang bisa di upload berupa MP3 dan M4A dengan size maximum tidak ditentukan.
  3. AudioKeychain:


    • AudioKeychain adalah aplikasi web lain yang memungkinkan Sobat dapat mengunggah file audio atau memberikan tautan link YouTube untuk menentukan tempo dan ketukan.
    • File yang dibaca hanya bisa berupa MP3 dengan maksimum 15 MB. 
  4. Vocal Remover.ORG:



    • vocalremover.org memiliki tools Song Key & BPM Finder adalah aplikasi sederhana yang dapat membantu menentukan tempo dan kunci suatu lagu. Sobat dapat mengunggah file audio atau memberikan tautan YouTube.
    • Selain itu tools online vocal remover juga menghilangkan suara vocal dari sebuah lagu.
  5. Tunebat:


    • Tunebat adalah layanan yang memberikan informasi tentang tempo dan kunci dari lagu-lagu tertentu. Disini juga sobat dapat mencari lagu atau menyediakan tautan YouTube, dan sportify.
    • Dimana kelebihannya selain bisa menampilkan nada dasar dan BPM juga bisa menganalisa energy,dancebility serta happiness jika sobat mendaftar kan diri (sign up)

Pastikan untuk mengingat bahwa hasil dari aplikasi ini dapat bervariasi tergantung pada kompleksitas struktur musik dari lagu tertentu. Juga, meskipun beberapa aplikasi ini dapat memberikan hasil yang akurat, penting untuk menggunakan penilaian pribadi Sobat dan melakukan verifikasi manual ketukan dengan telinga Sobat sendiri atau dengan alat musik yang lain jika diperlukan, karena dari analisa online diatas rata rata ada perbedaan terutama di audiokeychain yang memiliki analisa yang berbeda.

close