Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Mengatasi Masalah dan Memperbaiki Gerinda yang Cepat Panas !

 Dalam dunia pertukangan dan pekerjaan kasar, peralatan seperti gerinda sangat membantu dan memudahkan pekerjaan. 


 

Artikel ini akan membahas penyebab kerusakan gerinda yang seringkali membuatnya cepat panas, beserta solusi dan cara memperbaikinya. Jangan lewatkan tips berguna untuk menjaga performa gerinda yang sobat gunakan tetap optimal!

1. Bearing Macet: Penyebab dan Solusi

  • Bearing yang macet dapat menyebabkan gesekan berlebihan, membuat gerinda cepat panas. Pelajari cara membersihkan dan melumasi bearing, serta kapan saat yang tepat untuk menggantinya agar gerinda tetap berkinerja maksimal, jika diperlukan lakukan penggantian bearing jika bentuk bearing sudah rusak.

2. Kerusakan pada Bearing: Mengatasi Goyangan dan Koclak


 

  • Selain bearing macet, koclak atau goyangan pada bearing juga bisa menjadi masalah. solusi efektif yaitu dengan mengganti bearing yang baru untuk menjaga kestabilan perputaran poros gerinda.

3. Carbon Brush yang Habis atau Tidak Sesuai: Penyebab dan Penggantian


 

  • Carbon brush yang mengecil atau habis dapat menyebabkan gerinda cepat panas. Cara mengidentifikasi masalah ini cukup mudah cukup melihat apakah karbon sudah tipis dan habis jika perlu pergantian pilihlah carbon brush yang sesuai dan tahan lama.

4. Permasalahan pada Lamel Komutator: Solusi Pembersihan atau Penggantian



  • Lamel komutator yang rusak dapat menghambat aliran listrik. Pelajari cara membersihkan lamel komutator dan kapan saat yang tepat untuk menggantinya agar gerinda tetap efisien.

5. Kumparan yang Rusak: Identifikasi dan Solusi Penggulungan Kembali



  • Kumparan yang rusak dapat membuat gerinda tidak berfungsi dengan baik. tanda-tanda kumparan rusak yaitu dapat diamati saat gerinda digunakan, seperti muncul suara sudah tidak halus dan semakin banyaknya bunga api yang timbulsolusinya yaitu lakukan penggulungan ulang menggunakan lilitan kumparan yang baru. Namun hal ini perlu dilakukan oleh orang yang sudah ahli untuk memperbaiki kerusakan ini.

6. Kualitas Gerinda yang Rendah: Pentingnya Memilih Produk Berkualitas

  • Gerinda berkualitas rendah bisa menjadi penyebab cepat panas.  Ciri-ciri gerinda berkualitas tentu bukanlah brand china, pilihlah brand krisbow atau brand yang sudah terbukti kualitasnya, karena penting untuk berinvestasi dalam produk yang baik, tentu karena jika dihitung lebih untung daripada cepat rusak.

7. Putusnya Aliran Listrik pada Kumparan Stator: Deteksi dan Penanganan Masalah Listrik

  • Putusnya aliran listrik pada stator bisa menjadi sumber masalah. Cara mendeteksi dan menangani masalah listrik ini untuk menjaga kinerja gerinda cukup mudah, jika di hubungkan dengan listrik tidak menyala, pastikan kabel di dalam tidak ada yang putus, gunakan multimeter untuk mengindentifikasi masalah kelistrikan dengan tepat.

8. Mesin yang Tidak Stabil: Penyebab dan Pengecekan Detail

  • Mesin gerinda yang tidak stabil dapat mengakibatkan berbagai masalah. Faktor-faktor yang membuat mesin tidak stabil ada beberapa hal, cek hal berikut ini untuk memastikan kinerja yang optimal :
    • Material Asing dalam Mesin
    • Rotor yang Bengkok 
    • Body Mesin Bengkok atau Pecah
    • Vibrasi yang Berlebihan
    • Pelumasan yang Tidak Teratur  

Dengan memahami penyebab dan solusi untuk setiap masalah gerinda yang cepat panas, sobat dapat menjaga peralatan kerja tetap handal dan efisien. Simak panduan ini untuk memaksimalkan produktivitas dalam dunia pertukangan!

to close