Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Rumus Excel Berubah Saat Ditarik Kebawah

Saat menggunakan microsoft excel, tidak jarang kita mengolah data menggunakan rumus atau formula agar pekerjaan menjadi mudah. Namun kenyataannya terkadang ada hal yang menyulitkan kita saat menggunakan rumus / formula di dalam kolom di microsoft excel saat di seret atau drag kebawah, rumus menjadi berubah. 

Sebagai contoh kasus ketika kita menuliskan =B2:B10 ketika di drag kebawah rumus berubah incremental menjadi =B3:B11, padahal tujuan kita drag drop down adalah mencopy paste rumus excelnya dengan kondisi yang sama. Seperti gambar dibawah ini :

 
rumus excel berubah


Padahal maksud dari rumus yang diinginkan ialah tetap =B2:B10 dari kolom atas hingga kolom excel paling bawah. Bukan berubah setiap kolom excelnya mengikuti incremental seperti itu.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Apakah susah mengatasinya? Jawabannya Sangat gampang. Sobat hanya perlu mengubah status kolom menjadi absolute sheet reference sehingga ketika di drag kebawah menjadi rumus yang baku atau tetap. Apa itu absolute sheet reference?

Absolute Sheet Reference

Absolute sheet reference adalah referensi excel yang tidak bisa berubah ketika di copy. Absolute sheet reference digunakan ketika kita ingin cell lokasi tidak berubah. Absolute sheet reference di excel ditandai dengan menggunakan simbol dollar ($) .

Bagaimana Cara Membuat Absolute Sheet Reference?

Untuk menbuat cell menjadi absolute sheet reference, gunakan syntax berikut untuk single cell yang tidak ingin berubah, Misal ingin menetapkan cell B1 tidak berubah ketika di copy/ drag maka tambahkan $ didepan B dan 1 sebagai kolom dan baris seperti syntax berikut : 
 
=$B$1
 
Itu untuk single cell, bagaimana dengan range cell ? jika ingin mengunci atap menetapkan atau mengabsolute kan sheet reference yang berupa range excel. gunakan syntax berikut, sebagai contoh range B1:B5 maka masukan dollar sign ($) didepan baris dan kolom sehingga berubah menjadi seperti berikut : 
 
=$B$1:$B$5
 
Bagaimana sobat? mudah bukan cara mengatasi rumus excel yang berubah ketika di copy ke kolom lain atau saat ditarik kebawah menggunakan drag drop down. Semoga artikel ini menambah wawasan ilmu pengetahuan sobat mengenai excel.
to close