Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nyeri Engkel Kaki Cedera bisa Patah Tulang, Jangan Di Urut !

Apakah saat ini sobat baru saja terjatuh, atau terkilir, saat sedang olahraga atau aktivitas lain? Kemudian pergelangan kaki mulai terasa pedih nyeri dan susah untuk digerakan. Kemungkinan bisa jadi terjadi masalah engkel, atau patah tulang. Untuk mengetahui apakah yang sebenarnya terjadi pada pergelangan kaki sobat perlu diagnosa yang tepat agar mendapatkan pengobatan dan hasil kesembuhan yang cepat.

penyembuhan patah tulang

Diagnosa Nyeri Engkel

Langkah pertama untuk mengetahui penanganan yang tepat, perlu di diagnosa bagian engkel kaki mana yang sakit? Umumnya Bagian Engkel Kaki Dibagi menjadi 3 bagian utama Gerakan yang memicu kesalahan pergerakan engkel kaki : 

  1. Inversion, yaitu pada Sprained Lateral Ligament
  2. Eversion, yaitu pada Sprained Medial Ligament
  3. High Ankle Sprain

pemulihan tulang retak
Bagian Keseleo Kaki

Dan tingkat keparahannya dibagi menjadi 3 Golongan / Grade :

1.       Grade 1 : Rasa akan menjadi muncul nyeri ringan, secara microskopis terjadi robekan kecil namun tidak ada yang putus.

2.       Grade 2 : Rasa akan muncul nyeri yang cukup pedih, dan mulai memar di sekitar robekan, kecil namun tidak sampai putus keseluruhan (hanya sebagian).

3.       Grade 3 : Terasa nyeri yang dahsyat hingga tidak bisa digerakan, dan pergerakan sendi menjadi tidak stabil, robekan cukup parah hingga 80 persen sudah putus.

Grade Ankle Sprain

Semakin tinggi grade maka waktu yang diperlukan untuk pulih normal semakin lama, maka itu jika terjadi keseleo engkel kaki, lakukan pertolongan pertama.

Pertolongan Pertama Pada Keseleo Engkel Kaki

Pertolongan Pertama jika terjadi hal seperti diatas adalah bukan di urut, atau dipijat pada bagian engkel kaki, karena jika hal itu dilakukan bisa jadi akan memperburuk keadaan engkel dan bisa jadi membuat yang awalnya hanya Grade 1 bisa menjadi Grade 3. 

fisioterapi engkel kaki

Cara mengobati engkel kaki jika memang harus di urut maka urutlah pada bagian betis atau paha untuk merangsang darah mengalir ke area yang sakit terutama bagian yang terhubung dengan lateral engkel kaki. Jadi apa pertolongan pertama ketika terjadi keseleo engkel kaki?

Gunakan metode yang bisa langsung sobat terapkan ialah metode R.I.C.E. Apa aitu R.I.C.E ?

Rice disini bukanlah nasi namun singkatan dari step berikut ini : 

  1. Rest, artinya istirahat, istirahatkan kaki yang sakit jangan banyak bergerak agar robekan tidak semakin parah.
  2. Ice, Ice disini berarti es, berikan kompres air es selama 10-20 menit setiap jamnya untuk mengurangi inflamasi /pembengkakan/radang. 
  3. Compress, gunakan perban untuk mengurangi pergerakan kaki agar jaringan engkel mudah untuk menyatu kembali, sekarang perban bisa dibeli di toko online link ada dibawah artikel, dengan harga perban murah. 
  4. Elevation, Yaitu dengan meninggikan kaki, meninggikan ini sobat gunakan ketika beristirahat, usahakan posisi kaki lebih tinggi dari jantung.

engkel kaki

Jika dalam 24 Jam tidak ada perubahan atau malah semakin sakit ada baiknya langsung ke rumah sakit terdekat yang memilki dokter orthoropedi untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut, seperti diberi obat obatan, diberi gips, saran fisioterapi atau bahkan hingga tindakan operasi, missal ternyata terjadi retakan tulang atau ternyata patah tulang selain robekan engkel, karena jika terjadi patah tulang atau retak pasti engkel akan terasa sakit dan penyembuhannya lebih lama jika dibiarkan.

Butuh perban buat engkel kaki sobat beli di link pembelian tokopedia dibawah ini :

TokoPedia Store

to close