TikTok Shop Resmi Tutup, Adakah Cara Berjualan Kembali? - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TikTok Shop Resmi Tutup, Adakah Cara Berjualan Kembali?

Breaking News, fitur TikTok Shop resmi ditutup di  Negara Indonesia, efektif pada Jam 5 sore hari Rabu  tanggal 4 bulan 10 tahun 2023. Pengguna Tik Tok tidak lagi bisa membeli atau menjual lewat Fitur menu Tik Tok Shop. Namun Benarkah Demikian?

pemerintah desak tik tok buat e commerce sendiri

 

Fitur Tik Tok Shop di hapus di Indonesia untuk memenuhi peraturan Pemerintah lewat Permendag No. 31 Tahun 2023 Yang melarang seluruh media sosial disatukan dengan e commerce.

Dari penelusuran jufrika.com menkonfirmasi Menu Tik Tok Shop masih ada, namun berisi pesan "Ada sesuatu yang salah. Ketuk untuk mencoba kembali". 

tik tok live shop banned di indonesia

Dengan hasil penelusuran tersebut terkonfimasi bahwa, nantinya Tik Tok hanya bisa sebagai media sosial, dengan fitur standard media sosial, seperti posting video foto dan juga live. 

Tips Tetap Bisa Berjualan Via TikTok 

Untuk saldo masih bisa ditarik melalui tiktok seller lewat website di PC, namun untuk berjualan karena fitur live tetap ada Pedangan tetap bisa memanfaatkan Tik Tok untuk mempromosikan jualannya. Namun transaksi penjualan harus terpisah,  misal pada live bisa menyertakan link pembelian yang berada pada e commerce lain seperti Shopee, Tokopedia, Buka Lapak, Lazada Dll.

Atau juga bisa mencatumkan nomor WhatsApp untuk transaksi Cash On Delivery (COD).

Pemerintah melalui Permendag 31 Tahun 2023 melarang media sosial berperan ganda sebagai e-commerce. Pedagang hanya bisa memanfaatkan TikTok untuk mempromosikan jualannya.

Pihak Tik Tok belum mengkonfirmasi apakah mereka akan membuat aplikasi terpisah seperti e-commerce murni seperti Shopee, Tokopedia, Buka Lapak, Lazada Dll.

close