Download Logo : Hari Santri Nasional 2023 HD Transparent - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Logo : Hari Santri Nasional 2023 HD Transparent

Sejarah Hari Santri

Hari santri ditetapkan untuk diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Oktober, hal ini ditetapkan oleh Presiden ke 7 Republik Indonesia yaitu Bapak Ir. Joko Widodo pada tahun 2015 silam. Penetapan Hari Santri tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015. 
 
logo memperingati hari santri nasional

 
Peringatan hari santri nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober disebabkan merujuk pada peristiwa Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh Kyai Haji Hasyim Asy'ari pada tanggal 22 Oktober 1945 Setelah Indonesia Merdeka. 
 
Isi dari Resolusi Jihad pada masa itu berisi seruan berjihad kepada seluruh umat muslim untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang pada saat itu baru saja merdeka dan sangat rentan untuk dijajah kembali, dimana untuk mempertahankan Negara Indonesia harus dengan melawan pasukan penjajah.
 
Dari resolusi Jihad itu mengobarkan semangat juang para pahlawan islam terdahulu untuk mempertahankan Indonesia, dimana perang memuncak pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang diperingati sebagai Hari Pahlawan hingga saat ini.

Filosofi Logo Hari Santri Nasional 2023

Logo Hari Santri 2023 memiliki beberapa gambar yang memiliki makna filosofi, berikut gambar dan makna pada Logo Hari Santri 2023 :
  • Bendera Merah Putih dan kobaran api, hal ini bermakna semangat nasionalisme dan cinta tanah Air Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Jaringan digital, berarti transformasi digital dimana santri harus mengikuti perkembangan teknologi untuk berjuang di zaman sekarang.
  • Empat pilar, bermakna pilar-pilar dasar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, & (NKRI).
  • Titik berwarna kuning di atas empat pilar, bermakna para santri siaga selalu untuk menjaga 4 pilar tersebut.
  • Huruf abjad arab nūn ن , dan goresan tinta, bermakna ilmu pengetahuan, jihat santri untuk menerpa berilmu sebagai dasar untuk berjuang.
Serta juga warna yang ada memiliki makna:
  • Warna Merah melambangkan semangat juang.
  • Warna Putih melambangkan kesucian dan kemurnian.
  • Warna Hijau kesejukan Islam dan nilai‑nilai agama, kedamaian, dan pertumbuhan.
  • Warna Oranye melambangkan antusiasme serta energi.
  • Warna Biru melambangkan kecerdasan dan kebijaksanaan.

Download Logo Hari Santri HD Quality


Untuk keperluan design membuat banner, spanduk, undangan dan lainnya dalam rangka memperingati hari santri 22 oktober mendatang. Logo Santri Dapat di download unduh melalui link dibawah :

close