Bugar Walau tidur kurang? Bisa dengan cara ini! - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bugar Walau tidur kurang? Bisa dengan cara ini!

Sobat merupakan sesorang dengan banyak kerjaan yang mengharuskan mata melek sehingga kurang tidur? Wah hal itu bisa berbahaya lho sob, jika sobat tidak bugar akan membawa banyak penyakit.

Nah diartikel kesehatan kali ini jufrika.com sedikit mengulas beberapa tips yang bisa sobat coba agar tubuh tetap bugar walau kurangnya jam tidur sobat miliki.

1. Jangan Lupa Sarapan Sehat


Sering yang teradi ketika seorang bergadang dan memiliki kegiatan paginya akan melupakan ini atau melewatkan ini karna berfikir sarapan harus banyak, padahal sarapan sehat bukan berarti sarapan
dalam jumlah yang banyak. Sarapan sehat artinya seseorang mengkonsumsi hindangan makanan yang sehat seperti sereal gandum, sandwich dengan satu lembar daging ataupun sedikit nasi dengan ikan laut.

Namun dalam pemilihan sarapan hindari jus dengan gula sentetis karena itu akan menjadi pola konsumsi tidak sehat. Jika ingin minum jus gunakan buah yang alami, sedikit susu dan gula rendah kalori.

atau sobat bisa coba minum sedikit kopi atau susu coklat. Perlu diketahui, beberapa peneliti kesahatan mengatakan aroma kopi atau coklat bisa memberi rasa bugar bagi tubuh yang seharusnya sudah lelah.

2. Coba Dengarkan Jenis Musik Ini!




Memang semua orang memiliki warna musik yang berbeda beda, Tetapi sekedar saran, jika ingin stabil sepanjang hari, sejak pagi, coba putar dan dengarkan musik jazz, pop, hip hop,  yang menambah semangat dan membuat sobat kembali merasa nge-Beat!. Hindari memasang lagu ‘mellow’atau bisa dikatakan sedih, galau, lunglai lesu. 
 
Sebab faktanya justru akan membuat pikiran sobat tidak stabil bahkan bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

3. Olahraga Santai 20 Menit Cukup




Olahraga ringan seperti jogging,jalan santai, diiringi push up dan senam ringan bisa dilakukan 20-30 menit. Tentu saja olahraga sampai berkeringat lebih berkualitas. Dan cobalah melakukan olahraga ringan ini di jam yang sama setiap hari. Tujuan utamanya olahraga ringan ini adalah perengangan otot yang bermanfaat untuk mengeluarkan energi berlebihan dari dalam tubuh.

4. Sempatkan Tidur Siang


Awas kebablasan tidur siangnya

Jika kurang tidur di malam hari karena aktivitas padat bukan berarti tidak bisa tidur siang. Karna tidur 8 jam sehari sebenarnya bukan dimulai dari hitungan delapan jam seutuhnya di malam hari, hitungan yang benar adalah total 8 jam dalam 24 jam.

Jadi jika ada sisa waktu istirahat setelah makan siang, cobalah untuk tidur di kursi kerja dan tentu saja jangan sampai kebablasan. Pejamkan mata di tempat yang memungkinkan dan nyaman, jangan sampai kebablasan sehingga kerja justru terbengkalai atau jika kamu kuliah jangan sampai dosen memarahi kamu karna itu.

Bisa memejamkan mata selama 15 menit akan membuat tubuh lebih bugar di jam-jam berikutnya. Meski singkat, tidur sejenak dapat membantu kestabilan otak loh sobat. bahkan Tenaga kamu dan mempersiapkan tubuh serta jiwa untuk melanjutkan aktivitas apapun di jam berikutnya, istilahnya ngisi baterai sebentar.

5. Pijat Sendiri Kepala Anda


Tidak perlu ke tukang pijat. Anda bisa melakukan sendiri pijat ringan di daerah kepala dengan semua jari-jari tangan. Pijat perlahan 5-10 menit sampai ada rasa segar muncul dari kepala sampai ke tubuh. Lakukan sebelum makan siang atau satu jam setelah makan siang.

Sebuah penelitian menunjukkan jika pijat di antara daerah telinga dan pelipis pipi bisa memberi rasa segar di kepala dan menjalar ke seluruh tubuh. Anda juga bisa melakukan pijat ringan di daerah batang hidung sampai ke daerah kening dan dahi kiri-kanan.

6. Hindari Makan Sebelum Tidur


Makan sebelum tidur membuat tubuh bagian perutmu akan terus bekerja melakukan pencernaan dan akan membuat tubuh sulit terfokus untuk istirahat sepenuhnya.
 
Makan sebelum tidur juga merupakan kebiasaan yang buruk dan membuat seseorang akan sulit mendapatkan tubuh yang bugar. Kebiasaan ini memang tidak muda diubah, namun harus dicoba kurangi sedikit demi sedikit porsi makan sebelum tidur sampai kebiasaan itu hilang.
 
Setidaknya hindari makan apapun itu baik itu makanan ringan dua jam sebelum tidur. Tubuh harus mencerna makanan apapun yang baru dilahap jadi makan berat atau ringan sebaiknya tidak usah. Apalagi cemilan banyak mengandung bahan kimia, pengawet dan kadar gula yang tinggi.

7. Sebelum jam tidur malam sebaiknya tubuh dibuat rileks



Sobat sebaiknya memperbiasakan mematikan televisi, komputer atau barang elektronik lainnya sejam sebelum tidur termasuk smartphone untuk sekedar chat dengan kekasih. Hal ini penting! karna logikanya walaupun hanya melihat / menonton layar otak tetap berfikir dan mencerna informasi yan ada.

Rileks sebelum tidur akan memberikan tidur yang berkualitas sehingga besoknya akan bangun dengan bugar loh sobat.

Ingat pepatah penuh makna berikut :

Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat, sayangi tubuhmu karna nyawamu ada di dalamnya!
Sehat terus ya sobat jufrika.com bantu jufrika.com berkembang dengan mengklik iklan dibawah ini
close