CH340G USB Driver Arduino Serial Terbaru + Install Tutorial - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CH340G USB Driver Arduino Serial Terbaru + Install Tutorial

Karena Schematic serta Software Arduino bersifat Open Source maka banyak orang mencoba memproduksi Hardware Arduino dengan berbagai jenis dan bentuk baik itu untuk komersil maupun penggunaan pribadi. Istilah brand nya Arduino Clone. Namun beberapa pengguna Arduino yang menggunakan board arduino clone tidak terbaca pada port Arduino IDE, hal ini dikarenakan arduinonya menggunakan IC CH340G, sehingga memerlukan driver CH340G pula yang terinstall pada laptop/ komputer.

PROBLEM ARDUINO WITH DRIVER USB CH340G

Driver USB CH340 adalah driver USB solusi alternatif yang digunakan sebagai bus komunikasi serial RX dan TX pada module board arduino selain driver USB FTDI, dan lainnya. Umumnya Driver ini ditemui pada board clone arduino yang memiliki keecepatan transfer rate 50 BPS hingga 2 MBPS, dengan tegangan kerja operasional pada 5 V (ex: Arduino nano, Arduino uno) dan 3.3 V (ex: Wemos D1 mini, Nodemcu v.1 amica). 

ch340g arduino

Namun sayangnya terkadang Arduino IDE yang terinstall, driver USB CH340G tidak disertakan dalam package installer, sehingga tidak ada PORT COM USB yang tedeteksi ketika menghubungkan Serial Arduino Board yang menggunakan IC Bus CH340G tersebut ke komputer dan muncul warning error pada message box Arduino IDE.

Jika IC Serial TTL CH340G rusak maka sobat perlu mengganti IC tersebut dengan harga 5000 rupiah disini, namun jika problemnya serial terdeteksi untuk mengatasi masalah tersebut memerlukan namanya Driver USB CH340 dan install pada komputer/ laptop yang digunakan baik itu laptop dengan 32 bit maupun 64 bit. Jika sobat memerlukan driver USB CH340 ini dapat di download melalui link dibawah artikel ini.

INSTALLING TUTORIAL CH340G USB Driver

  • Langkah pertama sobat bisa download terlebih dahulu file Driver (size 139 kb) lewat Link dibawah ini: (dibawah artikel).
  • Jika sudah di Download maka ekstrak file .rar nya
  • Setelah di ekstak kemudian klik file SETUP.
  • Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, dan klik button INSTALL.
driverSetup x64 ch340g ic arduino
  • Jika driver CH340G sudah berhasil terinstall sempurna maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:
install driver ch340g arduino serial

Sekarang driver USB kamu sudah terinstall. Terkadang memerlukan tindakan restart aplikasi/ re plug kabel Serial atau bahkan komputer agar port terdeteksi, selamat mengoprek sobat jufrika.com. Berikut link download driver CH340G.

DOWNLOAD DRIVER CH340G

close