Arduino Board Compatible di Dunia Industri - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arduino Board Compatible di Dunia Industri

Arduino dan Arduino IDE merupakan program yang mudah digunakan untuk belajar microcontroller. Dengan bentuk yang berbeda beda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan project yang akan di buat atau build. Arduino juga terhubung dengan pemrograman lain seperti labview dan c# bahkan android, namun bagaimana dengan compatibilitasnya dalam dunia industri?

Dunia Industri membutuhkan sesuatu yang tidak hanya murah, dan mudah dirakit. Namun juga memperhitungkan daya tahannya jika digunakan dalam beberapa tahun. Untuk itu PLC dan HMI masih menjadi pilihan utama dalam banyak industri saat ini, terutama dalam pengontrolan mesin industri.

Sifat arduino yang mudah dipelajari perlahan tidak digunakan karna tentu masalah daya tahan yang sering dianggap lebih mudah untuk rusak dalam beberapa tahun. Apalagi jika berbica tentang Industri, mesin mesin hampir 24 jam beroperasi, terjadi masalah mesin tentu akan merugikan cost dan downtime.

Namun kini anggapan itu sepertinya sudah bisa ditinggalkan, dengan sifat arduino yang open source, kini sudah ada Arduino standard industri yang namanya CONTROLLINO Board.

arduino for industri


CONTROLLINO adalah PLC kelas industri berdasarkan perangkat lunak sumber terbuka. Dan sepenuhnya kompatibel dengan ekosistem Arduino.

Spesifikasi Controllino yang perlu diketahui:

  • Memiliki Maksimum 61 I/O Channel
  • Voltage I/O Support 5V - 250V
  • Model yang ditawarkan pun beragam, Controllino Micro, Mini, Maxi, Mega dan Neo. 
board arduino for industri 4.0

Untuk harga tentu tidak masuk dalam ranah pribadi, karna untuk yang mini pure dibandrol dengan harga 139,00 €, Namun untuk industri tentu harga yang murah,  Software Compatible tentu bisa menggunakan Arduino IDE, PlatformIO, Open PLC, Visual Studio Micro + Code, Visuino, LabView, Matlab, GNU OCtave,Atmel Studio, Logi.CAD, dan Sci.Lab.

Untuk Arduino IDE cukup menginstall library Controllino yang bisa baca dibawah link berikut ini :

Cara Menginstall Controllino di Arduino IDE

close