Cara Mengetahui Estimasi Umur SSD (Solid State Drive) - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Estimasi Umur SSD (Solid State Drive)

Sudah dijabarkan sebelumnya bahwa umumnya pada komputer atau laptop zaman sekarang lebih banyak menggunakan SSD karena SSD lebih cepat, kecil dan efisien daripada hardisk untuk detailnya bisa sobat baca pada artikel sebelumnya perbedaan hardisk dan ssd dan keuntungan menggunakan keduanya.

Tak dipungkiri SSD lebih mahal daripada HDD, maka itu penting untuk mengetahui berapa estimasi ketahanan dari SSD yang sobat gunakan hari ini di laptop sobat. 

Berapa Umur SSD (Lifespan) SSD Kamu ?

Tidak seperti HDD, SSD memiliki limitasi untuk melakukan tugas write and read hingga akhirnya nanti hanya bisa membaca saja (read only mode) seperti pada screenshot error dibawah ini. Hal ini bisa terjadi Karena awalnya SSD didesign untuk peningkatan performa dan kecepatan awalnya bukan untuk penyimpanan abadi seperti HDD.

ssd read only mode fixed

Namun user tidak perlu khawatir, karena hal ini mungkin akan terjadi beberapa tahun kedepan tidak terlimitasi hanya 1 atau 2 tahun. Mungkin 700 TB Data Write dan itu akan berlangsung cukup lama. Namun jika hal ini terjadi SSD mengalami end of life maka beberapa hal ini yang akan terjadi :

  1. Files Komputer tidak bisa dibaca atau ditulis
  2. Terjadi bad blocks.
  3. File system akan meminta atau muncul warning untuk direpair/ format data.
  4. Sering mengalami bluescreen/ crash.
  5. SSD hanya bisa membaca file.

Gunakan Aplikasi Estimasi SSD Lifetime

Cara mudah untuk mengetahui kapan SSD sobat mati adalah mengecek dengan software checker SSD yaitu HardiskSentinel. Dengan aplikasi kecil berukuran tidak lebih dari 5MB sobat sudah memiliki tools akurat mengetahui SEMUA INFORMASI SSD yang sobat gunakan. Berapa persen kesehatan SSD serta berapa GB Data Write yang sudah tercapai. 

Cara Menggunakan Hardisk Sentinel 

1. Install dan buka aplikasi

2. Lihat status SSD. Yang berisi health status perscentage seperti baterai berapa lama lagi SSD sobat bertahan. 

3. Pada health status menginformasikan kondisi dari SSD :

  • Jika status GOOD maka sobat tidak perlu khawatir.
  • Jika status CAUTION maka SSD mulai berkurang kemampuannya, maka segera backup data di SSD sobat.
  • Jika status BAD maka SSD sudah bermasalah dan harus segera diganti, jika masih bisa menyelamatkan data segera mungkin selamatkan data dan coba untuk memperbaiki SSD. Jika tidak ingin kehilangan data ada cara untuk memperbaiki SSD/HDD tanpa kehilangan data dengan cara ini.

4. Perhatikan juga total writes SSD. ini menunjukan total data yang sudah di write pada memory SSD ini. Jika sudah melebihi kapasitas atau mendekati 700 TB ada baiknya data sobat dibackup di HDD/ SSD External untuk jaga jaga jika terjadi musibah.

Aplikasi Hardisk Sentinel Pro ini trial 7 hari, yang artinya berbayar namun versi fullnya GRATIS dapat sobat dowload lewat banner download yang ada di bawah artikel ini.

DOWNLOAD

close