Cara Menghitung PK AC untuk kebutuhan Rumah Disertai Contoh - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung PK AC untuk kebutuhan Rumah Disertai Contoh

Cara Menghitung PK AC untuk kebutuhan Rumah - Sebagaimana yang sobat ketahui, AC merupakan singkatan dari Air Conditioner, merupakan salah satu perangkat elektronik yang dirakit dan berfungsi sebagai pendingin ruangan. 


Pilihan menggunakan AC dipilih dibandingkan penggunaan kipas dikarekana suhunya bisa diatur sesuai kebutuhan dan tentunya lebih dingin jika menggunakan kipas konvensional. Namun tahukah sobat ternyata penggunaan AC perlu disesuaikan dengan kebutuhan ruangan, biasanya jika memilih AC, yang diliat berapa PK selain brand AC itu sendiri.

Apa fungsi mengetahui PK yang dibutuhkan dalam sebuah ruangan? Jika penggunaan PK yang tepat akan menciptakan ruangan yang nyaman dan hemat tentunya energi dan pengeluaran listrik bulanan menjadi lebih hemat. 

Sebelum menghitung  kebutuhan Kapasitas AC sebuah ruangan perlu diketahui 2 istilah yang penting dalam dunia Air Conditioner, yaitu PK dan BTU.

Apa itu PK? 

PK adalah singkatan dari Paarde Kracht yang menjadi Singkatan satuan PK. Jika diartikan Paarde Kracht ialah Horse Power atau Tenaga Kuda sehingga diluar negeri juga dikenal sebagai HP. 

Sehingga 1PK = 1 HP, jika dikonversikan kedalam watt 1PK = 745watt.

Apa itu BTU/Hour?

BTU/hour (BTUH) singkatan dari kata "British Thermal Units per Hour" merupakan satuan pengukuran untuk menunjukkan seberapa besar daya pendinginan yang dimiliki oleh Air Conditioner (AC) dalam satu jam. Semakin tinggi Angka BTU, menunjukan AC lebih bertenaga dan berbanding lurus dengan luas ruangan.

Berikut tabel perbandingan PK dan BTU yang digunakan :

Cara Menghitung Kebutuhan PK dengan luas ruangan

Untuk menghitung kebutuhan PK Air Conditioner dengan luas ruangan menggunakan rumus yang sederhana, dengan rata rata kebutuhan BTU dalam 1 meter persegi(m2) ialah 500 BTU, rumus yang digunakan ialah sebagai berikut :

P x L x 500

Contoh :

Diketahui sebuah ruangan studio musik dengan ukuran ruangan 5 x 5  meter berapa PK AC yang dibutuhkan ruangan studio tersebut?

Diketahui :

Panjang : 5 meter

Lebar : 5 meter

Maka 5m x 5m x 500 BTU = 12500 BTUH

Sehingga jika dibandingkan dengan tabel perbandingan PK dan BTUH maka dibtuhkan AC dengan kapasitas 1.5 PK. Bagaimana mudah bukan Cara Menghitung PK AC untuk kebutuhan ruangan sobat?

close