Cara Mengatasi Smartphone Lambat dengan Settingan Developer - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Smartphone Lambat dengan Settingan Developer

Pernahkah sobat mengalami masalah smartphone tiba tiba sudah ngelag saja, padahal sudah beberapa tahun pemakaian aman aman saja. Sekarang kondisinya menjadi Lambat, kadang Layar Menghitam, dan tak lagi responsif. Kondisi seperti itu tentu sangat membuat frustasi dan rasanya ingin membeli smartphone baru.


Penyebab Smartphone Android Melambat

Kasus smartphone lag atau melambat bisa disebabkan beberapa hal. Sobat perlu menganalisa dengan tepat. Jika tidak mau pusing bisa membawa ke jasa service smartphone dengan membayar upah jasa dan perbaikan. Namun jika sobat ingin memcoba sendiri tanpa merogoh kocek bisa menganalisa terlebih dahulu sendiri dengan membaca artikel jufrika.com : cara mengatasi smartphone lambat.

Ada beberapa hal penyebab smartphone lambat, dan jika bisa mengetahui dengan tepat maka bisa diatasi dengan penanganan yang tepat pula.

1. Memory Penyimpanan Penuh

Memory Smartphone ukurannya terbatas umumnya kini memiliki penyimpanan 32 GB 64 GB hingga 256 GB. Jika penuh akan berpengaruh pada performa karena setiap aplikasi yang di jalankan di smartphone membutuhkan ruang memory untuk penyimapan data aplikasi.

2. RAM Penuh
 
RAM atau Random Access Memory adalah memori yang digunakan untuk akses sementara aplikasi yang berjalan. Singkatnya ketika smartphone mati maka RAM tidak digunakan ,namun ketika smartphone dihidupkan maka RAM akan berjalan. Penggunaan jumlah tinggi rendahnya penggunaan RAM bergantung berapa banyak aplikasi yang menggunakannya.

3. Terdapat Aplikasi Bervirus

Aplikasi Android bervirus? Hal ini bisa saja terjadi, walau sudah ada Google Protection, virus bisa saja bersarang di file penyimpanan dalam aplikasi atau file lain, sehingga berjalan terus menerus di smartphone sobat secara latar belakang dan tidak diketahui. Jika berjalan terus menerus pasti penggunaan RAM akan penuh selalu.

4. Hardware Bermasalah
 
Ada beberapa kasus ketika smartphone melambat dikarenakan hardware atau komponen di dalam smartphone rusak atau menurun kemampuannya. Misal sudah mulai gampang panas dan komponen sudah berumur, atau ada konsleting kecil, koneksi circuit terputus daya tidak sempurna, dll.

Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Smartphone Lag 

Berdasarkan penyebabnya yang sudah sobat ketahui melalui penjabaran diatas, ada beberapa cara solusi untuk mengatasi smartphone android yang melambat atau lag yang bisa sobat coba sendiri di rumah:

1. Memory Penuh

Jika memory penyimpanan sudah full, perlu diketahui oleh sobat batas standard memory digunakan batas amannya ada di 50 persen dan maksimum 80 persen dari kapasitas memory smartphone misal penyimpanan 64 GB maka batas maksimum berada di 51.2 GB. Jika diatas 80 persen maka ponsel akan semakin melambat. solusinya ialah mengosongkan penyimpanan memory. 

Hapus ukuran file yang terbesar dahulu, misal aplikasi yang tidak pernah terpakai, atau foto video dari WhatsApp Group,  dll. 

Apabila sobat takut untuk menghapus file maka jufrika.com sarankan untuk menggunakan aplikasi memory manager yang biasanya sudah tersedia terngantung brand, atau bisa menggunakan aplikasi clear rekomendasi dari jufrika.com yang bisa sobat unduh dibawah artikel ini.

2. RAM Penuh

RAM merupakan komponen penting untuk menjalankan Aplikasi, jika kebutuhan aplikasi membutuhkan operasi RAM 3 GB sementara RAM hanya 3GB tentu akan membuat smartphone sangat melambat, terlebih jika sobat melakukan multitasking.

Solusi jika ternyata RAM sering penuh, maka solusinya ialah mengurangi aplikasi yang tidak terpakai dan berjalan di backround system. Aplikasi yang berjalan di belakang layar akan tetap berjalan meski layar mati.

Untuk mengetahui Aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa melihat dengan cara :

  • Buka Smartphone
  • Klik setting atau setelan
  • Scroll kebawah hingga menemukan menu aplikasi
  • klik perizinan
  • klik menu mulai otomatis di latar belakang
  • Nonantifkan aplikasi yang dirasa tidak perlu berjalan di latar belakang.

 Berikut step bergambar menonaktifkan aplikasi di latar belakang :


3. Virus

Untuk masalah smartphone bervirus ini solusinya jika sudah memiliki anti virus maka gunakan antivirus sobat  untuk memindai, jika belum ada solusi paling cepat menghilangkan virus yaitu dengan mereset smartphone. 

Jika sobat ingin mencoba solusi mereset smartphone bisa mengikuti step berikut (contoh xiaomi):

  • Temukan menu Settings.
  • Cari dan klik About phone / tentang ponsel.
  • Cari dan pilih menu Factory reset.
  • Tekan tombol Erase all data.
  • Selanjutnya ikuti petunjuk yang muncul.
  • Jika diminta, jangan lupa memasukkan kata sandi atau PIN yang benar.

Untuk setiap brand smartphone mungkin berbeda beda namun dasarnya sama yaitu tinggal cari dengan kata kunci factory reset. Perlu diketahui factory reset akan menghapus seluruh data maka itu perlu backup file sobat ke SD card atau Laptop terlebih dahulu.

4. Hardware

Ciri-ciri harware rusak ditandai smartphone panas, atau terkadang mati, jika ternyata memang kerusakan hardware, sobat perlu mencari dan mengganti komponen yang rusak. Jufrika.com sarankan untuk membawa ke jasa service kepercayaan sobat. 

Cara Mengatasi Dengan Settingan Expert Developer 

Jika dari 4 masalah belum juga terdeteksi, selain kerusakan hardware ternyata sobat masalah tidak terdeteksi maka cara expert yang perlu sobat lakukan mengubah pengaturan dengan mode expert yaitu dengan menggunakan mode pengembang. 

Secara default mode pengembang atau developer disembunyikan oleh android, karena salah menyeting akan berdampak signifikan terhadap smartphone android sobat, walau secara default disembunyikan, mode developer dapat diaktifkan pengguna dengan beberapa langkah.

Untuk ponsel Xiaomi Bisa mengaktifkan dengan cara berikut pada artikel berikut :

BACA : Cara Mengaktifkan Mode Developer Xiaomi

Jika sudah berhasil mengaktifkan mode developer, sobat bisa membuat smartphone menjadi super cepat tanpa lag tanpa macet-macet lagi, dengan mengaktifkan ini pula aplikasi yang diam diam berjalan dibelakang layar namun tidak terdeteksi bisa diatasi tanpa perlu reset smartphone.

Berikut beberapa settingan developer mode untuk mempercepat Smartphone menjadi super cepat :

1. Masuk ke developer mode (opsi pengembang) aplikasi shorcut developer options all brand smartphone bisa di download lewat link dibawah artikel.

2. Pada bagian Drawer ata menggambar, atur atau ubah Skala Animasi
  • Skala animasi jendela : 0.5x atau animasi mati
  • Skala animasi transisi : 0.5x atau animasi mati
  • Skala durasi animator : 0.5x atau animasi mati
3. Pada bagian rendering perangkat keras dipercepat, atur GPU :
  • Aktifkan Paksa 4x MSAA
  • Nonantifkan overlay HW
4. Pada Aplikasi, atur agar aplikasi diam diam berjalan di latar belakang muncul dengan cara aktifkan :
  • Jangan simpan aktivitas
  • Batas proses latar belakang menjadi maksimal 2 atau 3 proses
  • Tampilkan ANR latar belakang

5. Terakhir pada bagian bawah centang opsi beritahu fitur yang beresiko tinggi.

Tutorial bergambar sebagai berikut :

 


Setelah setelan selesai restart smartphone sobat dan lihat perbedaannya, Jika setelah di restart dan mainkan dalam beberapa menit jam kemudian muncul notifikasi beberapa aplikasi crash tidak bekerja maka itulah aplikasi yang menyebabkan smartphone lambat secara diam diam, maka solusinya jika terdeteksi hal seperti itu uninstall aplikasi tersebut karena sudah membawa malapetaka di smartphone sobat. 

Setelan diatas hanya rekomendasi dari jufrika.com, tidak semua settingan harus di terapkan, bisa sampai opsi 1 atau 2 atau 3 saja jika dirasa smartphone sobat sudah cukup cepat. 

DOWNLOAD APK Developer Option

Jika sobat ingin langsung masuk ke mode pengaturan developer selain bisa lewat aditional setting, juga bisa lewat aplikasi tambahan developer options yang bisa diunduh lewat banner download dibawah ini:

↓↓download link play store↓↓

close