Cara Menginstall PIP Phyton Windows Mac dan Linux - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menginstall PIP Phyton Windows Mac dan Linux

Apa itu PIP?

PIP merupakan singkatan dari Preferred Installer Program. PIP adalah sebuah sistem manajemen package untuk menginstall serta mengelola package perangkat lunak yang ditulis dalam Python.

Apa Fungsi PIP ?

PIP berperan seperti layaknya sebuah Google Play Store pada sistem Operasi Android Smartphone. Dengan artian PIP memungkinkan sobat untuk mengunduh, menginstal, dan mengelola package Python dari Python Package Index (PyPI), sebuah penyimpanan online yang menyimpan ratusan ribu package Python menjadi lebih mudah. 

 

Bagaimana Cara Menginstall PIP?

Untuk melakukan Penginstallan PIP Python ternyata cukup sederhana dan bisa dibilang mudah. Namun sebelum memulai menginstall PIP, ketahui dahulu versi Python yang sudah terinstall. Hal ini penting karena untuk Python versi 3.4 keatas untuk Sistem Operasi Windows serta versi Python 3.6 keatas untuk macOS & Linux, PIP ini sudah otomatis terinstall tanpa perlu menginstall lagi. 

Jika sobat masih menggunakan Python versi lama, atau setelah di cek PIP tidak terinstall tidak terinstall secara otomatis, berikut langkah-langkah yang bisa dicoba untuk menginstal PIP :

  • Unduh file get-pip.py dari website resmi Python. Atau sobat bisa melakukannya dengan cara klik link download dibawah artikel ini kemudian simpan file ke komputer.
  • Setelah file terunduh, buka terminal atau CMD command prompt, run as administrator dan navigasikan ke direktori di mana file tersebut disimpan.
  • Ketikkan perintah "python get-pip.py" tanpa tanda petik kemudian tekan Enter. Proses instalasi PIP akan dimulai.
  • Setelah proses install selesai, lakukan verifikasi instalasi dengan mengetikkan "pip --version" tanpa tanda petik di terminal. Jika instalasi sukses, maka cmd akan menampilkan versi PIP yang terinstall.  

Berikut link download pip.py :


close