Ketahui Tips Langkah Mencapai Finansial Freedom Di Usia Muda - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Tips Langkah Mencapai Finansial Freedom Di Usia Muda

Financial freedom seperti apa yang akan sobat miliki di masa depan? Ingin Tidur-tiduran, rebahan, healing bahagia bersama keluarga ke sana sini tapi cuan tetap ngalir? 

santai liburan dengan pacar finansial freedom

Uang ngalir terus karna sudah menjadi juragan puluhan ribuan kos? Atau bisa hidup santai dari return investasi atau bunga? Well tidak ada yang mustahil di dunia ini, apalagi mencapai financial freedom di usia muda.

Apa Arti financial freedom?

Kebanyakan orang beranggapan financial freedom artinya menjadi seorang yang kaya raya, memiliki harta, serta barang berharga. Well hal itu tidak salah namun juga tidak harus seperti itu juga sob!. Financial freedom artinya adalah kemampuan sesorang untuk bisa mencukupi kebutuhan-kebutuhan dasar pokok serta keinginan hanya dari penghasilan pasif. 
 

Yang artinya penghasilan pasif di dapat bukan lagi bekerja sebagai karyawan, pekerjaan yang membutuhkan waktu kerja siang dan malam,pikiran dan tenaga yang kamu miliki, namun kebalikannya yaitu uang lah yang bekerja untuk kamu menghasilakn uang lagi dengan sendirinya.

Bagaimana cara mencapai financial freedom?

1. Hilangkan Utang & Cicilan

Syarat pertama untuk mencapai financial freedom ialah Tidak Memiliki Utang. Utang merupakan musuh utama pertama yang wajib disingkirkan jika ingin mencapai financial freedom. Ubah mindset sobat, serapa pun utang & cicilan yang sobat miliki saat ini, berkomitmenlah untuk segera menghilangkannya atau melunasinya.

2. Ketahui dan Pelajari kondisi finansialmu

Tips kedua yaitu dengan memahami kondisi finasialmu saat ini. Ada beberapa check point untuk mempelajari kondisi finasial yang baik :

  • Check Rasio Utang, jangan sampai rasio utang atau cicilan versus pemasukan yaitu melampaui 30% dari pemasukan. Jika melebihi segera atur List Prioritas menghilangkan hutang dan cicilan yaitu dengan trik mudah yaitu dengan melunasi utang/ cicilan yang bunganya paling besar terlebih dahulu.
  • Hitung jumlah uang di tabungan sekarang, seberapa besar pendapatan dan pengeluaran premier, sekunder saat ini. Apakah penghasilan sudah bisa mencukupi segala kebutuhan. Dan terakhir,
  • Hitung sudah berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk mencapai financial freedom?

3. Tentukan target financial freedom kapan?

Sesuatu akan mudah dicapai jika memiliki target sob!, begitu juga dengan target serta tujuan keuangan. Telebih jika ingin mencapai finansial freedom, samu harus menentukan kapan target akhir agar memudahkan menyusun strategi dan mencapat tujuan tersebut.

Tetapkan kapan, di usia berapa kamu ingin mencapai financial freedom, tanpa target yang jelas maka akan membuat sobat berjalan tanpa arah, mudah tergoyahkan tanpa prinsip.

4. Belajar mengelola keuangan sejak dini 

 Syarat mutlak dalam mencapai tujuan financial freedom adalah kemampuan mengelola keuangan. Belajar memahami mana yang disebut kebutuhan dan mana yang  disebut keinginan, sehingga bisa mengalokasikan anggaran dengan bijak.

Tips jika ingin mengetahui kebutuhan dan keiingian dari jufrika.com yaitu contoh jika ingin membeli sesuatu tahan hingga 7 hari, jika sobat masih mengingatnya maka itulah kebutuhan jika lupa itu hanya keinginan semata.

5. Menerapkan Mental hidup sederhana

Bukan lagi rahasia umum, bahwa justru miliarder sesungguhnya cenderung memiliki gaya hidup sederhana, seperti elon musk, mark zuckerberg, dll. Sobat bisa belajar menghargai sesuatu yang didapatkan dengan susah payah. Dan mental seperti ini penting dalam perjalanan mencapai financial freedom.

Rumusnya ketika penghasilan kita mulai bertambah, baik itu dari berkarier dan bismis berkembang, usahakan gaya hidup tidak naik.Ingatlah betap sulitnya mencapai semua itu. Self Reward secukupnya untuk menghargai pencaipain saat ini.

Dari pada gaya hidup yang dinaikan maka lebih baik menambah porsi tabungan dan investasi jadi lebih besar, bukan pengeluarannya yang bertambah.

6. Siapkan dana darurat 

Yang satu ini jangan sampai lewat, selain sobat harus pintar mengelola keuangan, jangan lupa juga untuk menyiapkan dana darurat untuk kondisi pengeluaran tak terduga dan genting. Misal mendapatkan kemalangan, musibah, serta ujian. 

Usahakan pisahkan dana darurat dan tabungan, dengan membedakannya sobat bisa dengan mudah menyicil untuk segera mencapai finansial freedom.

Menabung versus Berinvestasi

Menabung saja ternyata tidak akan cukup untuk sobat mencapai namanya financial freedom, Tabungan dan dana darurat terpenuhi. langkah mutlak terakhir yang menentukan sobat mencapai financial freedom adalah mulai berinvestasi. 

Kok begitu? Kenapa sobat perlu berinvestasi juga selain menabung? Fakta nyata bahwa uang yang beredar dan yang sobat miliki saat ini, nilainya bisa berubah naik turun seiring waktu akibat inflasi. 

Jika hanya mengandalkan menabung saja di bank konvensional maka rata-rata bunga yang di dapat hanya sekitar 0,5 sd 1,5%. Yang artinya uang akan cenderung berkurang karna dimakan biaya admin yang lebih besar d bandingkan bunga yang di dapat. 

Terlebih lagi jika dibandingkan tingkat inflasi yang rata-rata kini mencapai 8% di Indonesia.

Lebih baik dan aman sobat kombinasikan antara tabungan + investasi. Dengan demikian uang yang sobat miliki semakin lama akan terus bertambah nilainya seiring instrument investasi yang dimiliki naik nilainya.

 Investasi kini sangat beragam, ada yang scam dan ada yang pasti. Pintarlah memilih instrument investasi yang tepat.

Perlu diketahui Instrument investasi saat ini yang cukup populer yaitu reksadana, deposito, emas, kripto, saham,tanah dan properti, dan P2P lending. Bijaklah dalam menganalisa resiko masing masing jenis investasi, jangan mudah tergiur investasi bodong dan beresiko tinggi merugi.

Saran Investasi High Return minim Resiko

Demi meraih financial freedom, rekomendasi jufrika.com, sobat bisa menabung di bank yang saat artikel ini masih tayang, dan masih paling menguntungkan. 

Yaitu Bank Neo Commerce. Ada beberapa Fitur yang bikin sobat cuan keras setiap harinya :

  • Tabungan Neo NOW, menabung bebas biaya bulanan, bebas biaya transfer antar bank, bahkan bunga yang tinggi hingga 5% tanpa saldo tertahan dan bunga nya cair setiap hari!. 
  • Deposito Neo WOW. Bunga depositonya juga beragam mulai dari 5,5% p.a. untuk deposito seminggu, hingga 8% p.a untuk deposito 12 bulan. Minimal deposito juga kecil, bisa buka deposito dengan modal Rp100 ribu sob! Beda dengan bank lain yang wajib jutaan rupiah. 

Selain itu banyak fitur lainnya yang bikin cita-cita financial freedom sobat segera tercapai, seperti voucher potongan harga mingguan, neo coin, dll.


Bahkan cara buat akun rekening bank neo juga sangat mudah, pendaftaran cukup lewat smartphone, semua pendaftaran dilakukan secara online, dengan sistem security yang tinggi. 

Tunggu apa lagi sobat? Download aplikasi neobank link dibawah ini, mumpung lagi pomo buka rekening dapat 25 ribu lewat link dibawah ini. Bagi pendaftaran yang tidak lewat link maka bonus daftar tidak ada ya sobat.

Download & Daftar Disini

close