Perbedaan Torsi dan Kecepatan - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Torsi dan Kecepatan

Setelah sebelumnya dijelaskan tentang Pengertian Istilah Torsi Motor, Starting Torsi, Stall Torsi dan Load Torsi kini masih banyak yang bingung perbedaan torsi dan kecepatan.


Sebenarnya Torsi dan Kecepatan saling berhubungan karena Rumus Daya ketika motor bergerak adalah:

Daya (P) = Kecepatan (n) x Torsi (M)

Dimana :

  • Daya: Daya merupakan tenaga keluaran mekanis motor didefinisikan sebagai kecepatan keluaran dikalikan torsi keluaran dan biasanya diukur dalam Watt (W) atau tenaga kuda (hp).
  • Kecepatan: Kecepatan didefinisikan sebagai laju suatu putaran. Kecepatan motor listrik diukur dalam putaran per menit, atau RPM.
  •  Torsi: Output torsi motor adalah jumlah gaya rotasi yang dihasilkan motor. Satuannya ialah Newton meter (Nm) umunya atau satuan ukuran lainnya yang dikonversi secara langsung.

Dari rumus diatas maka dapat diketahui jika Daya suatu motor sama, maka torsi dan kecepatan akan berbanding terbalik. Jika kecepatan meningkat maka torsi secara proporsional akan menurun. Ketika torsi keluaran meningkat maka kecepatan akan turun.


Apa yang menjadi pertimbangan memilih antara torsi dan kecepatan memilih motor listrik?

Kunci dalam memilih motor listrik yang tepat ialah mengetahui motor listrik ini digunakan untuk apa? berapa beban motor listrik ini untuk bergerak? apakah tanpa beban? atau hanya membutuhkan kecepatan? 

Karena sebagian besar aplikasi motor bersifat dinamis, artinya persyaratan torsi dan kecepatan berubah dalam aplikasi, maka penting untuk menentukan berbagai titik pengoperasian dalam aplikasi.

close