Pengertian Istilah Torsi Motor, Starting Torsi, Stall Torsi dan Load Torsi - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Istilah Torsi Motor, Starting Torsi, Stall Torsi dan Load Torsi

Jufrika Blog - Dalam mengenal motor DC maupun AC, kita akan mendengar istilah torsi, dimana torsi adalah kemampuan motor untuk memperhatahankan nilai inersia motor itu sendiri. Misal tertulis di spesifikasi motor 25Kg artinya beban maksimum yang bisa diangkut motor adalah 25 kg.


Jika berlebih bagaimana? Jika kurang bagaimana? Untuk mengetahui jawabannya sobat perlu lebih dalam mengenal istilah lain, seperti starting, stall, load torque.



Starting Torque
Starting Torque atau Torsi mulai merupakan torsi untuk mengatasi gesekan, memasukkan inersia, stiksi, dll, dan mempercepat inersia beban.

BACA JUGA : Apa itu Motor Servo?


Running Torque/ Load Torque
Running Torque atau Load Torque merupakan torsi yang kurang dari torsi mulai(starting torque), kegunaaanya adalah menjaga akselerasi inersia dan kemampuan menahan beban pada keadaan steady state(Stabil).

Stall Torque
Batas nilai torsi yang membuat motor bergerak lambat bahkan berhenti bergerak. Dan jangan sampai motor sering mengalami stall torque karna akan berakibat fatal, bahkan motor tidak bisa berjalan lagi karna kelebihan beban alias rusak.

Lalu apa perbedaan torsi motor dan kecepatan motor? [BACA DISINI]

close