Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Berikut Ini Memudahkanmu Mengerti Apa itu Skripsi dan Bagaimana Lulusnya

Hai sobat jufrika blog, sudah lama mimin tidak menulis jadi lupa apa selera yang membuat mimin bergairah kembali. Karena mimin nyatanya masih memikirkan skripsi/tugas akhir yang tidak kunjung selesai dikarenakan apa? dikarenakan dapat penguji yang bikin mood kurang baik.



Padahal sebenarnya mimin sangat suka menulis, tapi mungkin karena tidak mengetahui trik menulis secara ilmiah menjadikan mimin sulit untuk membangun hubungan baik dengan dosen. Nah kali ini mimin hanya ingin share tentang pengalaman seseorang di kaskus yang sudah lulus SKRIPSI, dan ingin mimin ringkas disini sebagi catatan, harapannya note ini bermanfaat buat kita pejuang Tugas Akhir/ Skripsi.

Apa itu Skripsi? 

Skripsi adalah salah satu bentuk tulisan ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan keotentikannya dan ditulis dengan kaidah-kaidah tertentu.

Apa tujuan adanya Skripsi?

1. Buat inspirasi bagi adik kelas kita yang mau skripsi, atau dapat dikatakan dipakai sebagai referensi.
2. Skripsi kita bisa kita ringkas/resume untuk dibuat jurnal dan mungkin bisa diterbitkan di majalan jurnal lokal maupun internasional, bisa mendapatkan apresiasi kita gan dan biasanya diundang di conference2 gitu. Contoh APEC, IEEE Journal Conference
3. Mengembangkan database penelitian di Indonesia, Negara maju adalah negara yang pasti banyak melakukan penelitian.
4. Jika sobat ingin melanjutkan kuliah modal skripsi juga bisa, sobat bisa dapet beasiswa kalo memang skripsi kita bagus dan perlu penelitian lebih lanjut, kita bisa jadiin skripsi kita sebagai proposal untuk dapet beasiswa.
5. Buat Akreditasi kampus, semakin bagus dan sulit penelitian yang dilakukan mahasiswanya maka akreditasi kampus akan semakin baik.

Apa saja jenis Skripsi?

1. Metode KUANTITATIF

Skripsi kuantitatif adalah tulisan ilmiah yang didasarkan dengan hasil statistika / pengolahan data, biasanya berupa angka angka di akhir kesimpulannya. Jadi pada initinya kita menyimpulkan sesuatu dengan melihat hasil pengolahan data yang kita lakukan, biasanya mengggunakan software statistik seperi SPSS atau Eviews, atau untuk Tugas Akhir perlu melihat data hasil pengujian yang kamu lakukan, elektro biasanya melihat hasil serial monitor, bentuk gelombang, waktu, grafik dll.

2. Meotode KUALITATIF

Secara singkat, skripsi kualitatif adalah tulisan ilmiah yang didasarkan dengan hasil observasi, wawancara, atau penelusuran lain tanpa menggunakan bantuan statistika. Pada umumnya tulisannya bersifat analitis dan berusaha menjelaskan sesuatu dengan fakta-fakta yang ada.

Apa keuntungan dan kelebihan Skripsi Kuantitatif dan Kualitatif?

Metode kualitatif yang paling memakan waktu adalah proses wawancara, sementara kalo kuantitaif kita hanya butuh mengumpulkan data. 

Sekian sob, semoga bermanfaat :)



to close