Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Jenis Sumber Energi Listrik yang Lama Hingga Terbarukan

Energi listrik merupakan kekuatan yang diciptakan dari reactor listrik. Listrik yang memiliki satuan ampere (A), konsumsi tenaga listrik Watt dan tegangan listrik dengan satuan volt (V). 

Listrik banyak di konversikan menjadi energi lain untuk menjalani aktivitas seperti penerangan lampu, menyetrika, mengecas hp, menyalakan televisi, mengaktifkan router Wi-Fi internet, Menghidupkan AC, Kipas, Dll.

Listrik memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dapat dibilang listrik sudah menjadi sumber kekuatan utama dalam setiap aktivitas manusia , dimulai dari rumah hingga sekelas industri membutuhkan yang namanya listrik. 

Namun tahukah sobat ternyata energi listrik tidak begitu saja ada, diperlukan sumber energi lain sehingga mampu menghasilkan listrik, apa sajakah sumber energi listrik tersebut ? :


1. Minyak





Sumber ini masih paling banyak digunakan di dunia, Alatnya berupa mesin Diesel, Diesel memakai minyak sebagai bahan bakar untuk menjadikan energi listrik. Minyak bisa dengan gampang ditemukan di Indonesia sebab Indonesia masih banyak sumber pengeboran minyak. 

Generator diesel atau genset banyak dipakai di Indonesia yang masih kekurangan akan pasokan listrik, tidak memiliki angin atau air yang kencang, contoh daerah maju yang menerapkan hal ini adalah Batam, Kepulauan Riau.

2. Angin




Angin merupakan salah satu sumber daya listrik yang diperoleh secara gratis, berbeda dengan Generator Diesel yang membtuhkan minyak, namun dalam perakteknya membutuhkan pembangkit listrik/ turbin yang cukup besar untuk bisa menghasilkan listrik. 

Dan karena hal tersebut sebelum dibagun turbin angin, perlu menetukan kawasan yang memiliki angin yang cukup kencang untuk menggerakan turbin/ kircir angin, umumnya sumber dari angin banyak di manfaatkan didaerah yang memiliki pegununggan/ dataran yang cukup tinggi.

Contoh Daerah yang menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) adalah Sulawesi Selatan.


3. Batu Bara



Walau kondisi terkini cadangan batu bara dunia mulai menipis, namun ternyata batu bara sungguh-sungguh gampang di dapatkan, bahkan dapat dikatakan banyak sekali Negara penghasil batu bara walau batu bara sesungguhnya tidak ramah lingkungan, mengingat asap yang diciptakan pada ketika proses menjadi energi listrik sangat membahayakan bagi kesehataan ozon dan lingkungan di sekitarnya.

4. Gelombang Air



Kekuatan ini memanfaatkan gelombang laut atau ombak yang ada di laut untuk mewujudkan energi listrik. Energi ini benar-benar bagus untuk lingkungan sebab tak memunculkan polusi. Untuk membangun reactor di laut  biasanya dibuat sebuah bendungan yang kemudian airnya diliri menjadi sungai contoh PLTA ada di daerah Kayan, Kalimantan Utara.

5. Matahari



Pemanfaatan Energi Matahari merupakan tenaga terbaharukan yang di gembor-gemborkan dan dimanfaatkan saat ini. Bahkan banyak rumah yang membangun sendiri panel listriknya diatap rumah sebagai langkah menghemat tagihan listrik,  

Tenaga matahari ini memang tak terbatas, melainkan butuh dana yang cukup besar untuk membangunnya + Tenaga ini memiliki kelemahan tak dapat 100% diterapkan dikala cuaca sedang mendung atau berawan bahkan hujan atau malam, sehingga perlu strorange penyimpanan energi yang cukup besar.

6. Nuklir


Nuklir ialah salah satu sumber tenaga yang maha dahsyat. Selain sebagai pembangkit listrik nuklir juga dipakai pada senjata-senjara modern ketika ini. Hal bagus pada energi nuklir yaitu dengan memakai sedikit bahan bisa menciptakan energi yang cukup besar.

Kelemahan nuklir yakni tak boleh terjadi kekeliruan atau kecelakaan kerja sebab bisa menjadi petaka yang cukup besar, seyaknya yang pernah terjadi di fukusima, jepang ledakan nuklir akan membuat kawasan sekitarnya menjadi kota mati, dan orang yang terkena dampaknya akan cacat seumur hidup.

close