Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengganti Nomor Ponsel Shopee yang tidak Aktif Lagi atau Hilang

Hai sobat jufrikablog, bagi sobat pengguna marketplace belanja online khususnya shopee yang ingin mengganti nomor ponsel baru namun bermasalah seperti nomor hangus hilang atau tidak aktif lagi. Karena ternyata baru sadar untuk mengganti nomor ponsel lama dengan nomor ponsel baru membutuhkan setidaknya password, yang mana jika sobat belum men-setup password ketika pendaftaran shopee maka otomatis perlu tindakan verifikasi kode OTP dengan nomor ponsel terdaftar untuk menuliskan password.


Dengan kata lain nomor ponsel tidak bisa diganti. Padahal verifikasi nomor ponsel pada akun shopee sangat penting jika sobat ingin menambahkan akun bank atau rekening bank, baik debit maupun akun kredit. Atau untuk keperluan mengambil pengembalian dana dari dompet shopee yang kini lebih dikenal dengan shopeepay, karena semua itu saling terkait dengan nomor ponsel sobat dengan alas an keamanan.

Jika sobat ingin mengembalikan dana dari shopeepay ke rekening bank maka sobat perlu memasukan rekening bank aktif.

Sekarang pertanyaannya bagaimana cara mengganti nomor ponsel tersebut?

Untuk mengganti nomor shopee yang sudah tidak aktif, bisa diganti dengan dua cara:

Cara Pertama, menghubungi di Hotline : 1500702 atau 021-39500300.

Cara Kedua, melakukan pergantian nomor shopee secara manual dengan email suport.

Untuk cara kedua ini langkahnya sebagai berikut :

1. Login Email yang terkoneksi dengan akun shopee sobat

2. Kemudian tulis penerima adalah support center nya shopee yaitu : support@shopee.co.id

3. Tulis Subject : “Help Problem Pergantian Nomor Shopee yang tidak aktif dengan nomor baru”

4. Isi email sobat dengan menyampaikan masalah yang sobat alami, sebagai contoh :

---

Hai shopee

Perkenalkan nama saya juminten , saya adalah pelanggan / suka berbelanja dengan aplikasi shopee, akun saya juminten.

Saya mengalami masalah ketika ingin mengganti nomor lama yang sudah tidak aktif lagi 08123456789 Ke nomor baru, karena membutuhkan verivikasi ke nomor lama tersebut, sedangkan nomornya sudah tidak aktif alias hangus tidak bisa digunakan lagi, tolong bantu saya ya shopee.

Terimakasih

---

5. Kemudian kirim/send email tersebut

6. Pastikan email sobat terkirim, karena biasanya sering gagal mengirim.

7. Tunggu balasan email, maka sobat akan di email yang memberi tahu ticket ID.

Permintaan Anda telah kami terima dan sedang diproses, nomor tiket permintaan Anda adalah (8XDXDXXi).

Staf kami akan segera menangani pertanyaan Anda dalam 3 hari kerja.

Terima kasih telah menggunakan Shopee!

Salam Hangat,

Tim Shopee

8. Jika sudah dibalas ikuti instruksi yang diberikan, pada kasus pertama biasanya operator memberikan cara umum dengan contoh email balasan seperti berikut :

Terima kasih telah setia menggunakan Shopee.
Perkenalkan saya Dono akan membantu keluhan Anda terkait proses pergantian nomor ponsel. Kami memahami kendala yang Anda alami.
Pastikan terlebih dahulu untuk versi aplikasi Shopee adalah versi 2.16.05 ke atas dan nomor ponsel baru Anda belum pernah terdaftar pada akun Shopee lainnya. Setelah itu, tekan menu "Saya" > "Beli" > "Akun Saya" > "Profilku" > kolom telepon > masukkan password akun Shopee > ikuti instruksi selanjutnya sampai memasukkan data nomor ponsel yang baru dan masukkan kembali kode verifikasi OTP yang akan dikirimkan secara otomatis menuju nomor ponsel baru Anda.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai langkah-langkah perubahan nomor handphone dapat dilihat disini. Jika sistem meminta proses verifikasi tambahan, silakan Anda memasukkan data bulan dan tahun (MMYY) untuk verifikasi waktu kadaluarsa kartu kredit Anda atau data nomor rekening bank secara lengkap dan benar.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga penjelasan kami dapat menjadi solusi atas pertanyaan Anda. Apabila ada informasi yang ingin ditanyakan silakan menghubungi Shopee kembali.
Salam Hangat,
Dono
Tim Shopee! Jual Beli Mobile Dalam 30 Detik

9. Jika seperti itu maka sobat perlu mengscreenshot problem dan kemudian dijadikan bahan balasan ke email support. Dengan contoh email sebagai berikut :

Saya mencoba mengikuti instruksi yang anda berikan namun ketika ingin mengganti nomor shopee meminta password, padahal saya belum bisa nengganti password karena blum pernah setting password. Berikut saya lampirkan foto bukti :

10. Jika sudah dibalas, maka biasanya pihak shopee meminta sobat untuk mengirim data profil shopee yang sobat miliki saat ini sebagai data untuk pergantian nomor secara manual oleh department support shopee. Adapun list data yang perlu sobat lampirkan contohnya seperti dibawah ini :

Terima kasih atas konfirmasi yang Anda berikan.

Dengan senang hati kami akan membantu proses pergantian nomor ponsel Anda saat ini dan kami sangat menghargai kesediaan Anda untuk melampirkan data-data berikut secara lengkap, agar kami proses tindak lanjut kepada tim terkait Shopee untuk proses pergantian nomor ponsel secara manual, yaitu :
a. Username atau email atau nomor ponsel lama:
b. Nama lengkap:
c. Nomor ponsel baru:
d. Lampiran foto KTP/SIM/Kartu Keluarga:

Mohon pastikan bahwa nama sesuai dengan kartu identitas dan nomor telepon baru Anda belum terdaftar pada akun Shopee dan sebagai informasi tambahan, Shopee berhak untuk menolak pengajuan perubahan nomor ponsel berdasarkan proses validasi yang dilakukan oleh tim terkait Shopee.
Kami menunggu informasi dari Anda mengenai data-data tersebut.

Salam Hangat,
Dini
Tim Shopee! Jual Beli Mobile Dalam 30 Detik


11. Kemudian berikan data yang diminta dan jika data sudah diterima maka akan ada email balasan seperti berikut, dan tunggu hinga proses 1 hingga 3 hari kerja, namun biasanya dalam hitungan jam saja sudah bisa selesai :

Terima kasih atas informasi yang Anda berikan.
Untuk menyelesaikan kendala Anda mengenai perubahan nomor ponsel, kami membutuhkan bantuan dari departemen terkait.

Secepatnya kami akan menghubungi Anda kembali. Kami sangat menghargai kesabaran Anda untuk menunggu.

Salam Hangat,
Dono
Tim Shopee! Jual Beli Mobile Dalam 30 Detik

12. Jika sudah berhasil maka sobat akan mendapatkan balasan seperti gambar dibawah ini :


to close