Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Modul Wifi ESP 8266 ? + Library Arduino

Saat ini zamannya IoT (Internet of Things), dan salah satu modul yang mendukung untuk melakukan aktivitas kontrol dengan memanfaatkan jaringan internet adalah modul ESP8266.

 Modul ESP 8266 adalah modul wifi yang memiliki fungsi sebagai perangkat tambahan mikrokontroler seperti Arduino agar dapat terhubung langsung dengan Wireless Fidelity (Wi-Fi) dan membuat koneksi dengan protokol TCP/IP.



Untuk mengaktifkan modul ini membutuhkan voltase sebesar 3.3v. Dan memiliki tiga mode wifi yaitu daapt dijadikan sebagai Station, Access Point dan Both (Keduanya). 

Modul ini juga dilengkapi dengan processor, memori dan GPIO dimana jumlah pin bergantung dengan jenis ESP8266 yang kita gunakan. Sehingga sebenarnya modul ini bisa berdiri sendiri tanpa menggunakan mikrokontroler tambahan apapun karena sudah memiliki perlengkapan layaknya mikrokontroler, namun biasanya untuk memudahkan tetap menggunakan microcontroller tambahan agar tidak memberatkan modul ESP 8266.

Firmware yang ada pada modul settingan awal yang menggunakan AT Command, selain AT  Command ada beberapa Firmware SDK opensource yang dapat dikenali oleh ESP 8266, diantaranya adalah sebagai berikut :

NodeMCU (programming lua) - Program ESPlorer
MicroPython (programming python) - Teriminal Putty
AT Command (perintah AT command) - teriminal control.


Selain itu kita bisa memprogram perangkat ini menggunakan Arduino IDE. Dengan menambahkan library ESP8266 pada board manager arduino.

to close