Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengunakan Graphis dalam aplikasi C#

Kali ini saya akan sedikit berbagi bagaimana cara menggunakan event graphic yang biasa kita gunakan untuk aplikais menggambar dengan paint atau sejenis lainnya . ok berikut caranya sob



sedikit teori dulu ...

Mouse adalah salah satu input komputer yang sangat penting. Mouse sangat dibutuhkan untuk berinteraksi dengan GUI aplikasi Windows. Dengan mouse, user dapat mengarahkan kursor, menge-klik maupun menge-drag sebuah object. Menekan, melepaskan tombol mouse maupun menggerakkan kursor mouse akan menghasilkan event.

Pada praktikum ini kita mencoba memanfaatkan event-event mouse tersebut untuk menggambar grafik. Untuk menggambar pada form, atau object lain sebagai base menggambar, kita akan menggunakan object Graphics. Di dalam object ini terdapat beberapa method untuk menggambar text, garis, persegi panjang dan elips.

Latihan nya sob ...

Untuk latihan diawal kita masih memanfaatkan form sebagai media untuk coret" graphic kita
  1. Buka dulu aplikasi nya dan buat windows form seperti biasa (File>New>Solution>WindowsAplication)
  2. Lalu  kita harus mendeklarasikan object Graphics, dan kita letakkan sebagai global.
  3. Kemudian baru kita buat instance object-nya. Untuk class Graphics, kita tidak bisa mendeklarasikan lalu langsung membuat instancenya. Karena method CreateGraphics tidak bisa digunakan langsung ketika kita mendeklarasikan Graphics. Oleh karena itu, untuk membuat instance object, kita lakukan di event FormLoad. caranya sperti di gambar
  4.  isi Form Load dengan ini
  5. Coba dahulu jalankan apakah ada error? kalau tidak kita ke langkah berikutnya :)
nah Kita mulai menggambar apabila tombol kiri mouse ditekan. Selama ini kita membuat program ketika tombol kiri mouse di-klik. Untuk menambahkan program apabila tombol kiri mouse ditekan (atau apapun selain klik), gunakan event yang ada di toolbox properties.
  1. Klik ganda pada MouseDown, maka kita akan dibawa ke source code untuk event OnMouseDown. Tambahkan program berikut:
    if (e.Button == MouseButtons.Left) //jika mouse button klik kiri di jalankan maka
    {
    jdPaint = true;  // jdpaint bernilai benar
  2.  Variabel shouldPaint adalah variabel boolean yang harus kita deklarasikan di awal sebagai variabel global agar dapat diakses oleh semua fungsi. caranya letakan ini di bawah
     private Graphics objGraphic;
  3. Kemudian agar aplikasi mulai menggambar ketika mouse kiri di klik dan mouse bergerak, maka kita harus membuat program ketika mouse bergerak. Klik ganda pada MouseMove, maka kita akan dibawa ke source code untuk event OnMouseMove. Tambahkan program berikut:
  4. Statement di atas adalah untuk menggambar elips dengan menggunakan brush berwarna biru keunguan, di koordinat event X dan event Y, tinggi elips sebesar intDiameter, lebar elips sebesar intDiameter juga alias lingkaran. Agar aplikasi berhenti menggambar ketika tombol mouse dilepas, kita harus menambahkan program di event OnMouseUp.
  5. dan coba jalankan programnya sob .

Sekian Tutorial Mengunakan Graphis dalam aplikasi C# dengan Sangat Mudah
to close