Pengertian To, Cc, BCc pada Email Yang Perlu Kamu Ketahui - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian To, Cc, BCc pada Email Yang Perlu Kamu Ketahui

Walaupun zaman sudah modern, untuk berlasa kata dan mengirim file dapat menggunakan fitur chattingan di berbagai jenis social media, namun pada dasarnya email atau elektronik mail masih digunakan sebagai dasar pembentuk chattingan tersebut.



Bahkan email masih digunakan sebagai alat formal di dalam suatu instansi, perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya. Baik itu atasan kepada managemen bawahannya, karyawan ke karyawan, siswa ke guru, mahasiswa ke dosen, pelamar pekerjaan ke perusahaan, dan lain sebagainya. Artinya dalam kurun waktu di masa depan email tetap digunakan dan belum ada penggantinya.

Email juga digunakan untuk membuat suatu akun soial media, akun perbankan, akun jual beli online, Bahkan untuk memiliki akun Youtube dari google saja kamu masih diminta untuk memiliki akun email google bukan?

Karena email itu penting maka ada beberapa istilah dasar yang sering digunakan dalam menulis dan menerima email yang perlu sobat ketahui. Apa saja hal tersebut?


To: adalah tempat untuk menulis alamat penerima email, bisa secara individual maupun sekaligus banyak alamat email. Jika ingin banyak penerimanya, cukup dipisahkan dengan menggunakan tanda koma. contoh: alamatemail1@gmail.com, alamatemail2@gmail.com. Dengan menggunakan fitur to ini maka setiap penerima email akan mengetahui kemana saja e-mail tersebut dikirim.

Cc atau CC merupakan kependekan dari Carbon Copy. hal ini mirip dengan To. Letak perbedaanya terlihat kepada kesan kepada siapa email utama ditujukan, dan kepada siapa email salinan juga akan dibaca? Penjelasannya seperti ini :

Penerima yang dituliskan dalam kolom To : akan dapat melihat alamat email penerima lainnya, dan begitu juga sebaliknya. Penggunaan seperti ini biasanya digunakan ketika kita ingin memberitahukan pihak lain ketika kita mengirimkan email kepada penerima utama. 

Contoh Kasus : saya berkirim email kepada Bu Fety, dan saya ingin email saya diketahui Pak Rizky dan mengirim salinan email tersebut kepada Pak Rizky. Bu Fety tahu bahwa email tersebut juga dikirimkan ke Pak Rizky (sebagai salinan).

BCc : Kependekan dari Blind Carbon Copy. Perbedaannya sedikit dengan Cc, pada BCc semua penerima yang dituliskan dibagian Bcc: tidak mengetahui kepada siapa saja email tersebut dikirimkan. 

Dengan menggunakan Bcc, email tersebut seolah olah terlihat dikirimkan satu per satu ke setiap penerima. Padahal, si sender (contoh saya) hanya mengirimkan satu kali, langsung kebeberapa alamat penerima email. Satu-satunya alamat email lain yang terlihat adalah alamat email pada kolom To:. 

Triknya untuk menghindari supaya tidak ada alamat email lain yang terlihat (selain alamat email sobat sendiri), sobat bisa memasukkan alamat email milik sendiri pada kolom To:, kemudian masukkan alamat email penerima lain dalam kolom Bcc:.





close