Penjelasan Jenis jenis Kabel Listrik - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Jenis jenis Kabel Listrik

Kabel dalam dunia modern saat ini sudah sangat tidak asing lagi karna setiap barang elektronik, elektrik selalu menggunakan kabel. Jika pada dasarnya kita sudah mengetahui penggunaan kabel sebagai penghantar arus listrik, kini jufrikablog akan menjelaskan tentang jenis-jenis kabel listrik.
Tujuan sobat mengetahui jenis jenis kabel listrik ini ialah sobat mengetahui jenis kabel listrik yang tepat sesuai kebutuhan.

Jenis Jenis Kabel Listrik jufrikablog.com
Secara umum jenis kabel listrik yang sering digunakan untuk instalasi penerangan maupun instalasi tenaga arus kuat diantaranya adalah NYA, NYM, NYAF, NYMHY, NYY dll.


1. Kabel NYA

Ada yang berpendapat NYA adalah singkatan dari nama perusahaan transportasi yang kini berubah menjadi perusahaan yang memproduksi kabel. Namun sebenarnya NYA adalah singkatan dari kode tertentu.

Gambar kabel NYA

Kabel NYA berinti penghantar/tembaga tunggal, berlapis atau terselubung bahan isolasi PVC. Kabel jenis ini biasa di gunakan untuk instalasi rumah dengan ukuran 1,5 mm2 dan 2,5 mm2.

Karakteristik lain dari Kabel NYA adalah :

  • Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat
  • Tidak tahan air.
  • Mudah digigit tikus. 

2. Kabel NYM 
Strukur kabel NYM
Jika sobat mengira NYA adalah singkatan dari nama perusahaan, maka perlu sobat lihat bahwa NYM adalah singkatan dari kode huruf.

N memiliki arti kabel jenis standar dengan tembaga sebagai penghantar.
Y memiliki arti Isolasi PVC
M selubung PVC.

Sehingga dapat dikatakan Kabel NYM merupakan kabel jenis standar dengan tembaga sebagai penghantar berisolasi PVC dan berselubung PVC (isolasi berlapis). Kabel NYM berinti 1, 2, 3 bahkan lebih.

Karna Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik membuat harganya lebih mahal dari NYA. Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam, penggunaan yang tepat untuk jenis kabel ini ialah dalam bangunan yang dimana penempatannya biasa diluar/ didalam tembok yang didalamnya memiliki pipa khusus (conduit).

3. Kabel NYAF

Struktur kabel NYAF

Dapat dikatakan bahwa Merupakan jenis kabel seperti NYA yang bersifat Fleksibel. Dimana penghantar listriknya dapat berbentuk serabut yag fleksibel dan berisolasi PVC. Kabel jenis NYAF digunakan untuk instalasi panel-panel yang memerlukan fleksibilitas yang tinggi.

Arti Kode NYAF :

N memiliki artike kabel jenis standar dengan tembaga sebagai penghantar.
Y memiliki arti Isolasi PVC
A kabel berisolasi tunggal
F Fleksibelitas.

Kabel jenis NYAF sangat cocok untuk tempat yang mempunyai belokan – belokan tajam. Digunakan pada lingkungan yang kering dan tidak dalam kondisi yang lembab/basah atau terkena pengaruh cuaca secara langsung. Biasanya kabel peralatan elektronika banyak yang menggunakan jenis kabel seperti ini, namun tidak menutup kemungkinan untuk penggunaan lainnya.


4. Kabel NYMHY

Struktur kabel NYMHY
Merupakan jenis kabel yang memiliki tembaga serabut sebagai penghantarnya dan bersifat fleksibel, berisolasi PVC dan terselubung PVC. Kabel jenis ini digunakan untuk instalasi yang bergerak seperti peralatan listrik tangan (Solder, Bor, Ulir dan banyak lainnya).

Arti Kode NYMHY :

N memiliki arti kabel jenis standar dengan tembaga sebagai penghantar.
Y memiliki arti Isolasi PVC
M memiliki arti selubung PVC
HY memiliki arti selubung luar dari bahan buatan khusus.


5. Kabel NYY


Struktur kabel NYY
Merupakan kabel standar dengan tembaga sebagai penghantar berselubung PVC, ada yang berinti 2, 3 atau 4 dan berisolasi PVC. Kabel NYY dirancang untuk instalasi tetap didalam tanah yang dimana harus tetap diberikan perlindungan/pelapis khusus (contoh diletakan di dalam pipa PVC atau pipa besi). Penggunaan kabel NYY bisa ditempatkan didalam atau diluar ruangan, dalam kondisi lembab ataupun kering.

Karna memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYY harganya lebih mahal dari jenis NYM.

Arti kode NYY :

N memiliki arti Kabel jenis standar dengan tembaga sebagai penghantar
Y Selubung luar Isolasi PVC
Y Selubung dalam terbuat dari PVC
close