Apa itu Hard Disk dan Bagaimana Cara Merawatnya? Apa penyebab Rusaknya? - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Hard Disk dan Bagaimana Cara Merawatnya? Apa penyebab Rusaknya?



Hai sobat jufrika blog kali ini jufrika blog ingin menambahkan ensklopedia ala jufrika blog mengenai hard disk. Apa itu Hardisk? Apa Fungsi dari Hardisk? Bagaimana cara kerja Hard Disk?
Apa Istilah penting dari Hard Disk? Berapa Kapasitas dari Hard Disk umumnya? Hingga perawatan dan penyebab hardisk melemah itu apa semua akan di bahas disini secara lengkap.

Bagian hardisk via teoridasar.com

Apa itu Hard Disk?

Secara singkat Hard Disk berarti Piringan Keras. Secara pengertian harfiah Hard Disk adalah hardware penting computer yang berfungsi sebagai penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar dan terintegrasi.

Bagaimana Cara Kerja dari Hard Disk?

Dalam Hardisk, Data tersimpan dalam lingkaran konsentris yang dikenal dengan istilah track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sektor. 


Bagaiamana harddisk melakukan operasi baca tulis data(read and write) dari dan ke piringan?

Harddisk menggunakan head untuk melakukan operasi read and write, yang berada disetiap piringan. Head bergerak-bergerak mencari sector-sector tertentu tempat penyimpanan data yang dicari

Dalam proses mencari diperlukan waktu, waktu yang diperlukan untuk mencari sector tersebut disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track dikenal dengan kata latency.

Apa saja istilah penting untuk menggunakan Hard Disk?

Dalam penggunaan computer seharusnya walaupun tugas sobat hanya menggunakannya, dan untuk urusan hardware adalah urusan teknisi atau engineer komputer, alangkah baiknya jika sobat juga mengetahui juga sebagai ilmu pengetahuan tambahan dan memudahkan engineer menganalisis masalah.

Istilah penting yang perlu diketahui :

Partisi, partisi adalah pembagian ruang Hardisk, misal partisi A B C D E, dan tiap partisi bisa digunakan dan memiliki fungsi tertentu sesuai keinginan User. Misal C menjadi partisi aktif untuk system operasi. Dan D menjadi partisi sekunder untuk penyimpanan data saja.

BACA JUGA :  CARA MEMBAGI DAN MENAMBAHKAN PARTISI HARDISK

Kapasitas, Kapasitas adalah ukuran penyimpanan data yang bisa disimpan dalam harddisk, Kapasitas hard disk dinilai dengan Bit, untuk ukuran hard disk saat ini sudah sampai ukuran Tera Bit (TB) yaitu Milyaran Bit. Berikut nilai satuan untuk bit.

  • 1 TB = 1024 GB (Giga Bit)
  • 1 GB = 1024 MB (Mega Bit)
  • 1 MB = 1024 KB (Kilo Bit)
  • 1 KB = 1024 Bit

Sectors dan Tracks (sudah dibahas diatas).

Apa saja jenis jenis Hard Disk?

Dilihat dari letak penggunaan Hard Disk maka Hard Disk bisa dikategorikan menjadi 2 :
Har Disk Internal, ialah Hard Disk yang di build dan letaknya di dalam computer, dan socketnya terhubung langsung di dalam system motherboard melalui kabel SATA atau ATA.
Hard Disk Ekternal, ialah Hard Disk yang biasa digunakan menggunakan Kabel USB, lebih biasa digunakan untuk penyimpanan data secara besar diluar dari Hard Disk Internal.

Bagaimana Hardisk Bisa rusak dan bagaimana Cara Merawat Hard Disk?

Bagaiamana Hard Disk bisa rusak ? Ada beberapa penyebab yang membuat Hard Disk tersebut rusak:


  • Terlalu Berlebihan dalam menggunakan Komputer (seperti bermain game berat dan software berat dalam waktu yang lama).
  • Terlalu Panas, Penggunaan Baca Tulis dalam waktu yang lama akan membuat Hardisk Panas dan kemudian merusak komponen Hard Disk itu sendiri.
  • Terbetur atau Terbanting, Sudah jelas apapun alat elektronik akan sangat rawan rusak apabila terbentur benda keras lainnya.
  • Teralu sering Install Ulang Sistem Operasi dan Aplikasi, Ternyata hal ini bisa lambat laun membuat Hard Disk akan melambat dalam proses baca tulis dan akirnya rusak.
  • Faktor Usia juga mempengaruhi, Tidak dipungkiri usia memang selalu membuat kerusakan dan akirnya mati total.


Satu satu cara Merawat Hard Disk agar berusia panjang dan awet ialah tidak melakukan hal ceroboh seperti diatas, Jika ingin menggunakan laptop lebih dari 3 Jam sebaiknya gunakanlah cooling pad, Istirahatkanlah computer sobat jika sudah melakukan pekerjaan, Installah Aplikasi yang benar benar sobat perlukan, dan hindari masuknya virus yang akan merusak Hard Disk.
close