Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Perbedaan Format Biasa dan Quick Format?



Tahukah Sobat jika sobat melakukan format pada flashdisk atau harddisk komputer, maka akan ada dua pilihan format, yaitu Format biasa dan Quick Format. Lalu apakah perbedaan dari Format dan Quick Format tersebut, dan apa saja efek yang didapatkan jika melakukan format biasa atau quick
format?

Biasanya orang-orang akan memilih quick format, karena proses formatnya sangatlah cepat dibandingkan dengan format biasa,betulkan? namun tahukah sobat ternyata terdapat perbedaan antara format biasa dan quick format, walaupun format biasa memakan waktu lama, tetapi format biasa melakukan beberapa pemeriksaan terhadap flashdisk atau harddisk sobat, berikut Perbedaan Format Biasa dan Quick Format.

Quick Format

Flashdisk atau harddisk yang diquick format hanya menghapus file nya saja, tanpa adanya pemeriksaan lebih lanjut, hal ini yang membuat proses quick format lebih cepat dari pada format biasa.

Ketika sobat melakukan quick format, mungkin saja kapasitas flashdisk atau harddisk sobat mengurang, dan bisa saja file yang sobat pindahkan mengalami corrupt atau rusak.

Format Biasa

Jika sobat memilih format biasa, maka flashdisk atau harrdisk akan melakukan beberapa pemeriksaan setelah file dihapus, pemeriksaan tersebut antara lain pemeriksaan bad sector pada flashdisk atau harddisk sobat, sehingga memakan waktu yang cukup lama.

Ketika sobat melakukan format biasa, maka flashdisk atau harddisk akan seperti dibangun ulang, atau kembali kepengaturan awal, seperti baru lagi gitu lah sob.

Nah, itu tadi Perbedaan Format Biasa dan Quick Format, nah udah tau kan perbedaan nya apa? sekarang sobat bisa memilih mana yang terbaik, ketika sobat harus memutuskan untuk melakukan format biasa atau quick format pada flashdisk atau harddisk. semoga bermanfaat  ya sob:)
to close