Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Ya Komputer Memerlukan Booting?



Perkembangan teknologi sangat cepat, perjalanan dari pentium hingga core i(x), floppy disk ke cloud dan smartphone ke tablet sangatlah panjang. Tetapi tidakkah terpikirkan oleh sobat, kenapa sistem operasi membutuhkan booting sebelum benar-benar bisa digunakan?
Kenapa komputer tidak booting dengan cepat dan bisa langsung digunakan? Berikut ini jufrikablog akan membahas semua pertanyaan itu.



Ketika seseorang mematikan komputer mereka dengan Hibernate dan Sleep, komputer mereka dapat hidup dengan cepat. Kenapa teknologi sekarang tidak mengadopsi metode boot seperti saat hibernate dan sleep? Jika sobat seseorang yang ingin mendapatkan booting secara cepat dan instan, tidakkah sobat merasakan booting komputer jaman dulu dan sekarang sangat jauh berbeda? Seiringnya berjalan waktu booting komputer akan semakin cepat contohnya saja sekarang Windows 8 dan Windows 8.1dan 10.

Sekarang pertanyaannya kenapa komputer tidak booting secara instant?
Komputer adalah state machine, stat machine adalah sebuah device/perangkat yang memiliki kondisi tertentu dalam waktu tertentu. Ia dapat memproses input dan menghasilkan kondisi tertentu untuk kondisi lain atau langsung menghasilkan output. Ketika komputer hidup, ia harus memproses jutaan kondisi yang membutuhkan waktu panjang. Ketika saat inilah komputer dinamakan booting. Semua membutuhkan proses, tapi dengan seiringnya waktu maka booting komputer juga akan semakin cepat.

Apa sobat punya pendapat lain? Silakan isikan komentar dibawah ini jika ada :D
to close