Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips jitu Merawat Sistem Operasi Windows


Sobat memiliki banyak alasan untuk menjaga file dan folder pada hard disk sobat agar tetap terorganisir. Pertama, akan lebih mudah untuk melakukan “bersih-bersih rumah” atau menghapus file yang tidak lagi diperlukan. Kedua, menjaga file data di folder sangat baik untuk mengurangi risiko
ketika secara tidak sengaja menghapus program penting atau file data. Akhirnya, hard drive yang terorganisasi dengan baik lebih mudah dan lebih cepat untuk membuat backup. Selain mengatur file , setidaknya setiap dua bulan sobat harus menghapus file yang tidak lagi diperlukan.

Menjaga lokasi program aplikasi

Setelah sobat menginstal suatu program aplikasi pada sistem Windows, jangan mengubah nama direktori program atau memindahkan file dari satu tempat ke tempat lain pada hard disk sobat. Jika sobat melakukannya, mungkin komputer sobat akan kehilangan jejak file kunci.Misal ketika menginstall Google Chrome maka pada defaultnya adalah di Program Files, Ntah dengan alasan apa sobat pindahkan ke luar itu , misal ke Hardisk D, dsb.

Jangan pernah mencoba untuk secara manual menghapus aplikasi pada sistem Windows. Sebagian besar program aplikasi membuat file sistem tambahan ketika sobat menginstal aplikasi tersebut, sehingga sebaiknya aplikasi memiliki program uninstall sendiri. Jika aplikasi tidak menyediakan opsi uninstall, silakan gunakan [Add / Remove Programs dari Control Panel] misalnya pada Windows XP/Vista/7/8/8.1/10. Jika aplikasi uninstall melalui Control panel tidak dapat menghapus semua bagian aplikasi (karena memang kadang-kadang gagal), gunakan program uninstaller seperti Revo Uninstaller. Jufrika Blog merekomendasikan menggunakan program Registry Cleaner seperti Tune Up atau CCleaner untuk pembersihan entri registri dan file sementara.

Meng-update driver , aplikasi & Sistem Operasi



Software driver memudahkan aplikasi Sobat berkomunikasi dengan periferal(hardware laptop sobat). Sangat jufrikablog sarankan untuk mengunjungi web produsen komputer sobat setidaknya empat kali setahun untuk update terbaru. Cara termudah untuk melakukan ini adalah untuk mengakses situs Web produsen; kebanyakan perusahaan biasanya membuat driver update tersedia untuk di-download. Jika sobat malas maka saya sarankan bisa membeli Driverpack yang hampir tiap tahun mengeluarkan produk(versi) terbarunya dengan driver & aplikasi yang up to date juga. Sobat juga harus menjaga Windows tetap up to date melalui Layanan Windows Update, jangan biarkan sudah terlalu lama tidak mendapatkan update seingga virus bersarang di komputer/laptop sobat.

Rutin membersihkan komputer

Debu bisa membuat chip di dalam komputer menjadi lebih panas dan juga menyumbat ventilasi pendingin. Setidaknya enam bulan sekali, bersihkan komputer sobat dari debu. Jangan mengusapnya dengan lap air basah; gunakan pompa khusus atau aerosol tabung kompresi udara.Atau jika sobat malas untuk menggunakan kompressor, ya jauhkan komputer/laptop sobat dari debu.

Shut Down komputer dengan benar



Baik untuk semua Sistem Operasi Windows ,maupun Sistem Operasi lain semua menyediakan metode berupa menu untuk mematikan komputer. Jangan mengabaikan metode ini. Mematikan listrik pada saat sistem operasi masih berjalan bisa menjadi bencana sob untuk komputer sobat.