Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membagi dan Menambahkan Partisi Hardisk



Jika sobat menggunakan lebih dari 1 partisi pada hard drive atau hard disk, dan ingin menyusutkan ataupun ingin memperluas sebuah partisi, maka jufrikablog akan memberikan tutorial gampang dan tentunya aman untuk membagi dan menambahkan partisi hardisk
misal sobat ingin memperluas drive C:\ atau D:\ atae E:\ .  Namun sebelum sobat mecoba memperluas / menyusutkan sebuah drive perlu diketahui tau bahwa partisi hard drive c jangan pernah dikurangi karna bisa jadi akan menyebabkan system error dan bisa-bisa bukan menyusutkan tapi merepotkan karna harus install ulang lagi sob :D .
berikut langkahnya:

  1. Klik timbol start

  2. Kemudia search dan tulis disk management( untuk windows 8 dan 8.1 serta windows 10 bisa klik kanan pada logo windows dan pilih disk management langsung)

  3. Lalu Ok.
Lalu akan muncul seperti gambar di bawah ini.


4. Kemudian klik kanan pada partisi yang di ingin di bagi atau ditambahkan.

5. Jika Ingin Menambahakan partisi maka pilih extend volume Dan pastikan ada ruang kosong yang tersedia dan tidak dipakai oleh drive,namun biasanya jika tidak bisa ditambah maka tidak bisa di klik , kalau tidak ada maka sobat bisa shrink volume yang masih ada beberapa GB.


6. Jika Ingin Mengurangi Jumlah Partisi maka pilih Shrink Volume .

7. ketikan jumlah partisi yang akan disusutkan atau di tambahkan dalam ukuran MB.

lalu klik shrink dan selesai.

sekian tutorial dari jufrikablog kali ini semoga selalu bermanfaat bermanfaat bermanfaat untuk semua pembaca.

to close