Pengenalan Microsoft Power BI - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Microsoft Power BI

Power BI adalah platform analisis bisnis yang dikembangkan oleh Microsoft. Dengan Power BI (Business Intelligence) memungkinkan pengguna untuk menggabungkan, menganalisis, dan memvisualisasikan data dari berbagai sumber yang berbeda dan bermacam macam untuk mendapatkan wawasan bisnis yang berharga. 
 
Ada beberapa point penting dalam Power BI yang harus diketahui jika ingin lebih mengenal dan expert dalam Power BI :
 
1. Visualisasi Data 
 
Visualisasi data yang bisa ditampilkan menggunakan Power BI sebenarnya hampir sama dengan data yang bisa ditampilkan produk microsoft lainnya, namun Visualisasi Data yang ditampilkan Power BI memungkinkan pengguna untuk membuat visualisasi data yang menarik dan mudah dipahami, seperti grafik, diagram batang, diagram lingkaran, peta dan lain sebagai nya. Contoh dashboard tampilan OEE menggunakan power BI :
 

Sehingga diharapkan dengan Visualisasi Data ini membantu pengguna dalam memahami pola dan tren dari berbagai data untuk diperbaiki performa atau lain sebagainya.

2. Integrasi Data 
 
Power BI dapat terhubung dengan berbagai sumber data, Sumber data yang bisa di visualisasikan menggunakan Power BI saat ini bisa dari bermacam seperti :
  • Excel
  • SQL Server
  • Text/CSV
  • Web
  • Odata feed
  • Analysis Service
  • dan layanan cloud seperti Azure, Google Analytics, Salesforce
  • dan banyak lagi.

3. Analisis Data Lanjutan 

Power BI menyediakan berbagai alat dan fungsi analisis data lanjutan, termasuk perhitungan DAX (Data Analysis Expressions) dan fungsi statistik. Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis mendalam dan menghasilkan wawasan yang lebih mendalam dari data mereka.

 


4. Pemantauan Real-time 

Power BI memungkinkan pengguna untuk memantau data secara real-time, dengan memperbarui visualisasi dan laporan secara otomatis saat data baru tersedia. Dengan menekan tombol refresh atau secara auto dimana pemantauan real time ini memungkinkan pengguna untuk membuat dashboard yang dinamis dan terus-menerus diperbarui.

5. Kolaborasi 

Power BI memungkinkan pengguna untuk berbagi laporan dan dashboard Power BI dengan anggota tim atau pihak lain, baik secara internal maupun eksternal. Ini memfasilitasi kolaborasi dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih efektif berdasarkan data yang sama.

6. Akses dari Berbagai Perangkat 

Power BI dapat diakses dari berbagai perangkat, termasuk desktop, web, dan perangkat seluler. Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses dan menganalisis data mereka di mana pun mereka berada. Dimana Ada 3 Jenis Power BI :

  1. Power BI Desktop : Merupakan aplikasi desktop Windows (Alat Penulis Laporan) yang memungkinkan kita untuk membuat kueri, model, dan laporan yang memvisualisasikan data.

  2. Power BI Service : Power BI Service adalah Aplikasi Software as Service berbasis cloud yang memungkinkan kita untuk membuat dasbor, Mengatur penyegaran data jadwal, Berbagi laporan secara aman dalam organisasi tanpa perlu menginstall seperti Power BI Desktop.

  3. Power BI Mobile : Ini adalah aplikasi (App) pada perangkat mobile yang memungkinkan sobat berinteraksi dengan laporan dan dasbor dari Power BI Service.

Dengan Kemampuan Visualisi Data, Power BI adalah tools analysis yang bagus untuk melihat data, menggabungkan data dari berbagai tempat, dan memberikan informasi lebih lanjut. Dengan demikian Power BI adalah alat yang powerfull untuk memahami tren bisnis,  dan melihat seberapa baik segala sesuatu bekerja dan patut untuk sobat pelajari jika ingin menjadi data analysis.

Selanjutnya setelah mengetahui pengenalan Power BI, ada baiknya sobat mempelajari Power BI diartikel selanjutnya tentang Power BI disini :

>2. Flow Kerja Power BI<

close