Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warna Kabel USB A, Micro B, Type C Beserta Fungsinya

Salah satu komponen listrik dan elektronika yang paling umum digunakan adalah USB (Universal Serial Bus) USB digunakan untuk mentransfer data dan listrik dari satu perangkat ke perangkat lainnya

Ada berbagai jenis USB, masing-masing dengan pin yang berbeda. Namun USB dihubungkan dengan beberapa kabel, umumnya berwarna merah, putih, hijau dan hitam. 

Artikel jufrika.com kali ini akan menjelaskan warna, urutan, jalur dan susunan kabel USB yang saat ini sedang Banyak digunakan baik tipe kabel USB A, Micro B dan Tipe C, beserta gambar dan fungsi masing-masing pin.

Arti warna kabel USB

Sebelum masuk ke masing masing tipe USB yang lebih spesifik ada baiknya sobat mengetahui arti warna dan fungsi kabel dalam USB merah, putih, hijau dan hitam secara umum, Seperti Gambar dibawah ini :


Dimana penjelasan dari gambar diatas dijabarkan sebagai berikut:

  • Merah (Red) - Warna merah pada kabel USB mewakili tegangan + DC 5 volt dan dilambangkan dengan (VCC).
  • Putih (White) - Warna putih pada kabel USB adalah untuk Data - (data dari perangkat ke host), disimbolkan dengan (D -).
  • Hijau (Green) - Warna hijau pada kabel usb untuk Data+ (data dari host ke perangkat), disimbolkan dengan (D+).
  • Hitam (Black) - Hitam pada kabel usb untuk tegangan - DC (0 volt), disimbolkan dengan (GND).
  • Shielding - ini bukan kabel namun berfungsi sebagai pelindung kabel.

Warna Kabel USB Tipe A

USB Tipe A sering digunakan dibanyak perangkat charger HP serta komputer, bentuk dan datasheet wire USB Tipe A sebagai berikut :



Gambar di atas menunjukkan warna kabel, urutan kabel, routing kabel, pin, dan deskripsi atau fungsi masing-masing kabel USB type A. 

Warna Kabel Micro (type B)

Pada gambar diatas terlihat warna kabel, urutan kabel, jalur pin kabel, dan deskripsi atau fungsi dari masing-masing kabel Micro B.

Warna Kabel Type C

Type C memiliki perkembangan yang berbeda dengan pendahulunya seperti gambar berikut :
 

 
dapat melihat warna kabel, urutan kabel, jalur kabel, pin, dan deskripsi atau fungsi dari masing-masing kabel Type-C. Namun tenang walau pin nya sangat banyak kabel untuk USB Type C hanya ada 4 buah, namun item ini memiliki banyak pin yang digunakan untuk mempercepat pengisian daya dan transfer data.

Itulah ringkasan artikel mengenai warna kabel USB dari tipe A, Micro B hingga yang terbaru kini Type C. Semoga bisa menjadi referensi ilmu buat sobat semua.

to close