Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Sistem Andon dalam Industri Manufaktur

Pengertian Andon Sistem

Andon system adalah sistem yang dibuat untuk memantau kondisi aktual pada lini produksi, baik itu kondisi proses maupun kondisi mesin produksi. Dengan menggunakan sistem andon semua input permasalahan dan data disimpan dalam database server, yang bisa dipantau dan ditampilkan dalam bentuk aplikasi maupun website andon.


Manfaat Sistem Andon

Manfaat Sistem Andon bagi perusahaan manufaktur yang menyediakan andon sistem ini adalah sebagai berikut :

  • Peningkatan produktivitas, karena dengan sistem andon dapat memberikan sinyal secara real time untuk memberi tahu masalah langsung dari mesin ataupun lini produksi baik informasi otomatis maupun dari leader atau bahkan operator produksi.

  • Perbaikan Standarisasi, dengan menyediakan mekanisme sistem andon baik yang sederhana maupun kompleks secara konsisten akan membuat penyebab dan akar masalah dapat dipertanggung jawabakan untuk menyampaikan informasi ke area produksi maupun ke supervisior atau atasan yang terkait.

  • Pengontrolan Downtime, dengan menggunakan andon sistem yang terintegrasi dengan baik kepada engineering team yang berhubungan dengan masalah teknis produksi dapat diberikan secara cepat dan tanggap maka downtime dapat di kontrol dengan baik, sehingga kualitas juga meningkat seiring waktu.
  • Analisa Data, Dengan adanya sistem andon dapat diketahui juga mesin atau line yang sering bermasalah, yang dapat diolah penyebab masalahnya sehingga menghasilkan data yang dapat divisualisasikan agar masalah tersebut dapat diatasi dengan baik.

Sistem Kerja Andon Sistem  

Sistem Kerja Andon Sistem secara sederhana dibagi menjadi 4 bagian yaitu input sistem, monitor sistem, alarm & response sistem, dan database sistem.

  1. Input sistem : dapat dilakukan secara manual dari operator produksi atau otomatis melalui HMI PLC Microcontroller, sistem poka yoke atau sistem input lainnya.

  2. Monitor Sistem : yaitu bagaimana sinyal input itu dapat diproses dan dikirim kepada pihak yang bertanggung jawab untuk memonitor dan mengambil action terhadap masalah yang sudah di inputkan sebelumnya.

  3. Alarm dan Response sistem : yaitu bagaimana pihak yang bertanggung jawab dapat mengetahui ketika tidak sedang posisi serius menatap monitor sistem, dan bagamana aksi yang dilakukan terhadap input masalah yang diberikan.

  4. Database Sistem : yaitu bagaimana input input yang diberikan dapat di simpan maupun output aksi yang ada tersimpan dengan baik sehingga menghasilkan data berapa lama downtime terjadi, siapa yang menaggapi, apa masalahnya dan bagaimana aksi yang dilakukan terhadap masalah tersebut.

Contoh Sistem Andon Manufaktur

Contoh Sistem Andon Manufaktur untuk team engineering merespon panggilan melalui website jika terjadi masalah yang dilaporkan oleh leader line produksi di PT. SIIX Electronics Indonesia, seperti yang dapat diakses melalui link berikut : 

http://13.250.63.208/ecc/andon/


to close