Cara Mencari Judul Skripsi atau Tugas Akhir - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Judul Skripsi atau Tugas Akhir

Di semester akhir para mahasiswa/i akan di hadapkan dengan namanya skripsi ataupun tugas akhir, dimana keberhasilan menentukan judul skripsi ataupun tugas akhir menentukan keberhasilan langkah langkah menuju kelulusan hingga menjadi sarjana.

Dimana Kesalahan pemilihan judul skripsi akan membuat kamu kesulitan untuk menuntaskan skripsi ataupun tugas akhir, bahkan ada pula yang gagal skripsi hingga berujung Drop Out dari kampus. Mengapa demikian? dikarenakan sudah salah menentukan judul skripsi atau tugas akhir sedari awal.


Untuk itu agar tidak kejadian di kamu pembaca artikel ini, berikut tips mencari judul skripsi atau tugas akhir yang akan membawa mu ke jenjang kesuksesan.

Langkah langkah menentukan judul skripsi / tugas akhir

Untuk kamu yang sedang bingung menentukan judul skripsi atau tugas akhir, berikut sedikit tips langkah langkah mudah agar kamu tidak tersesat berujung DO alias drop out :

  1. Kenali Minat atau Ketertarikanmu

    Untuk mengerjakan skripsi ataupun tugas akhir tidak hanya perlu menentukan variable 1 2 mana X mana Y nya saja. Agar tidak tersesat dalam judul skripsi yang tidak kamu kuasai ada baiknya mencari tahu minat dan ketertarikan mu, karena untuk mengerjakan skripsi itu butuh waktu jika sedari awal sudah tidak berminat maka rasa malas akan menghantui mu. 

  2. Mengetahui batas kemampuan

    Setelah mengetahui dimana minat dan kemampuan kamu, maka perlu mengetahui apakah minat dan ketertarikan mu akan sesuatu yang bisa diangkat menjadi judul skripsi sesuai dengan kemampuan mu? Apakah skripsi atau tugas akhir ini yakin bisa dikerjakan sesuai batas jadwal penelitian mu? Pertanyaan itu wajib kamu renungi. Misal kamu berminat membuat judul tugas akhir mengenai Artifical Inteligent tapi kamu mengetahui untuk membuat A.I. membutuhkan waktu yang jauh dari batas waktu kelulusan mu , maka jangan diambil.




  3. Mencari Informasi & Literatur

    Judul skripsi, tugas akhir yang baik bukanlah judul skripsi atau tugas akhir yang tidak memiliki referensi informasi ataupun literatur pendahulunya, justru sebaliknya judul skripsi yang baik dan benar itu sesuatu yang memiliki sumber data referensi, informasi, serta literatur pendahulunya. Sehingga selain bisa dipertanggung jawabkan, dan juga memudahkan kamu mengerjakan skripsi atau tugas akhir karena banyak referensi.

  4. Aktif Diskusi dengan Teman atau Senior

    Ini yang terkadang dilupakan oleh para pejuang skripsi dan tugas akhir, yaitu jarang berkomunikasi dengan teman atau senior yang sudah berpengalaman menyelesaikan skripsi ataupun tugas akhir secara tepat waktu, walau terkadang mereka tidak dapat membantu secara spesifik, namun ada beberapa trik dari mereka yang pasti dapat memotivasi serta membantu kamu dalam memahami skripsi dan tugas akhir yang sedang dikerjakan.

  5. Aktif Diskusi dengan Dosen Pembimbing Rutin

    Setelah yakin dengan draft skripsi kamu, ada baiknya mencari dosen pembimbing yang bisa membimbing kamu menyelesaikan tantangan skripsi, jangan sekalipun melewatkan jadwal bimbingan agar dosen pembimbing mengetahui kondisi serta progres kamu dalam menyelesaikan skripsi, dan juga dosen pembimbing juga dapat membantu nanti jikalau ada pertanyaan dosen penguji jika dirasa memang ada kekurangan kamu, asal attitude dan kamu aktif untuk bimbingan.

  6. Lakukan Eksekusi Pengamatan hinggan Penelitian.

    Disela waktu bimbingan dan sudah paham judul skripsi, maka eksekusi dengan semangat inti dari mencari judul skripsi bahkan menyelesaikan skripsi tugas akhir secara tepat waktu, sekali lagi judul skripsi yang baik tidak akan membawa kamu menjadi sarjana jika tidak diselesaikan, apapun rintangannya kamu wajib tetap semangat eksekusi, mencari bahan uji coba, mengetahui batasan masalah, tujuan dan hasil skripsi.

  7. Ikuti Alur Waktu & Tata Penulisan sesuai yang ditentukan

    Dan yang terakhir yaitu jangan sampai deadline pengajuan judul skripsi atau tugas akhir kamu melewati masa deadline, apapun kekurangannya masih bisa diperbaiki setelah diuji oleh dosen penguji, yang penting judul sudah benar benar kamu kuasai beserta tujuan dan batasan masalah dari judul skripsi sudah bulat.
     

     
    Itulah langkah langkah mencari judul skripsi yang baik dan benar dari pengalaman jufrika.com menyelesaikan tugas akhir tepat waktu bahkan sebelum waktunya penulis bersyukur dapat menyelesaikan tepat waktu dan langsung berkerja di industri, semangat pejuang skripsi dan tugas akhir!


close