Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Microsoft Power BI vs Google Looker Studio, Mana Yang Terbaik?

Microsoft Power BI dan Google Looker Studio (sebelumnya google data studio) merupakan dua platform yang populer untuk intelijen bisnis dan visualisasi data. Dimana kali ini jufrika.com coba merangkum secara umum perbedaan keduanya, yang harapannya bisa menjadi bahan pertimbangan pembaca untuk memilih mana yang digunakan untuk software utama yang membantu data analysis.

Microsoft Power BI

Microsoft Power BI adalah platform yang dikembangkan oleh Microsoft dan menawarkan alat analisis bisnis berbasis web dengan kemampuan visualisasi data yang baik.

Dengan menggunakan Microsoft Power BI, memungkinkan pengguna untuk menghubungkan berbagai sumber data dan menghasilkan laporan interaktif. Power BI cocok untuk bisnis menengah dan perusahaan besar. 

Dimana microsoft menawarkan pilihan yang beragam untuk layanan power BI, Beberapa diataranya ialah sebagai berikut : 

  1. Power BI Desktop, 

  2. Layanan Power BI, 

  3. Power BI Mobile Apps, dan

  4. Power BI Server. 

Kelebihan Microsoft Power BI

Kelebihan Menggunakan Power BI antara lain yaitu :

  • Memiliki sistem integrasi yang baik dengan produk Microsoft Office seperti Ms. Excel, Access, SQLServer, Word, dan layanan Microsoft Lainnya.

  • Memiliki kompatibilitas dengan perangkat seluler, dimana Microsoft Power BI dapat dijalankan juga untuk mobile phone, sehingga memudahkan para pelaku bisnis untuk menganalisa data bisnisnya kapanpun dan dimanapun.

  • Memiliki Kemampuan transformasi data dan pengolahan data yang kompleks. Hal ini adalah yang disukai oleh data analys , dimana semua jenis data yang sulit di olah dapat mudah di visualisasikan dengan bantuan Microsoft Power BI.

Namun, Power BI juga memiliki beberapa kekurangan seperti biaya yang relatif tinggi untuk versi Pro dan batasan data untuk versi gratis.

Google Looker Studio

Di sisi lain Google juga mengembangkan Layanan Program Data Analys nya yaitu Google Data Studio yang kini berubah nama menjadi Looker Studio. Google Looker Studio adalah aplikasi berbasis web untuk visualisasi data yang dikembangkan oleh Google. Ini adalah solusi berbasis web yang mudah digunakan dan memungkinkan pengguna untuk membuat dasbor bermerek dengan visualisasi data. 

Kelebihan Google Looker Studio 

Google Data Studio ini cocok untuk konsumen dan bisnis kecil karena memiliki Kelebihan sebagai berikut :

  • Google Looker Studio memiliki tampilan dan akses yang mudah digunakan semua orang, cukup memiliki akun Google Maka Google Looker Studio Sudah bisa diakses tanpa membayar.

  • Memiliki kemampuan untuk berbagi laporan dengan tautan URL yang dapat diakses oleh siapa saja, sehingga untuk kerja sama dengan team analysis menjadi lebih mudah. 

  • Memiliki integrasi yang fleksibel dengan Google Analytics. 

Namun, Google Looker Studio memiliki beberapa kelemahan seperti keterbatasan dalam jumlah widget dan opsi visual yang tersedia, dan tidak memiliki alat desktop untuk membuat laporan.

Dalam hal harga, Google Looker Studio sekarang tersedia secara gratis untuk semua pengguna. Sementara itu, Microsoft Power BI menawarkan versi gratis dengan beberapa batasan data, namun versi Pro-nya memiliki biaya yang lebih tinggi. Power BI juga membutuhkan lebih banyak waktu dalam memproses sejumlah besar data.

Kesimpulan

Kesimpulannya, Microsoft Power BI dan Google Looker Studio adalah platform intelijen bisnis dan visualisasi data yang populer dan powerfull digunakan untuk menvisualisasikan hasil dari data sehingga lebih mudah untuk di analysis. 

Microsoft Power BI menawarkan kemampuan analisis data yang lebih kuat dari Google Looker Studio dan integrasi yang baik dengan produk Microsoft Office yang hampir semua perusahaan dan pemerintahan dunia menggunakannya, namun dengan biaya relatif tinggi. 

Di sisi lain, Google Looker Studio adalah solusi berbasis web yang mudah digunakan dengan harga gratis, namun dengan keterbatasan dalam jumlah widget dan opsi visual. Pemilihan antara kedua platform ini tergantung pada kebutuhan bisnis dan preferensi pengguna. 

Itulah Perbedaan umum dan mendasar dari Microsoft Power Bi dan Google Looker Studio, jadi mau belajar dan menggunakan yang mana, pilihan ada ditangan mu sob!.

to close