Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pekerjaan Buat Lulusan SMK

Kelebihan Lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dibandingkan lulusan SMA memiliki nilai plus di mata perusahaan, atau usaha yang membtuhkan teknik khusus. Dikarenakan lulusan SMK biasanya memiliki bekal ilmu pengetahuan mendasar mengenai jurusan yang mereka pilih, baik itu di dapatkan melalui praktek di sekolah maupun praktek kerja lapangan (PKL). 

Jurusan SMK pun sangat beragam seperti layaknya sebuah jurusan teknik perkuliahan, seperti Teknik Permesinan, Teknik Las, Teknik Elektronika, Teknik Audio Video, Teknik Otomasi, Teknik Tata Boga, Teknik Mekatronika, Teknik Informasi, Teknik Keperawatan, Teknik Akuntansi, Teknik Perkapalan, dan lain sebagainya.


Disekolah, anak lulusan dengan Teknik khusus dari SMK akan mendapatkan ilmu teknik baik secara teori dan praktik praktik yang bisa bermanfaat ketika nantinya bekerja maupun lanjut studi ke jenjang perkuliahan. Bahkan Kelebihan lain yang tidak dimiliki anak SMA Umum adalah Praktek Kerja Lapangan atau biasa disingkat PKL( kini disebut prakerin). 

Praktek Kerja Lapangan adalah layaknya anak Magang yang ditempatkan pihak sekolah dengan kerja sama dengan industri industri terkait dengan jurusan anak PKL agar mendapatkan pengetahuan akan bagaimana ilmu dari sekolah diterapkan di dunia kerja atau industri nantinya, sehingga ketika lulus anak SMK akan lebih siap untuk langsung bekerja, baik itu di perusahaan maupun membuka usaha sendiri (UMKM).

Berikut Skill serta Contoh Pekerjaan buat beberapa lulusan SMK berbagai jurusan :

1. Teknik Mesin

Teknik Mesin atau permesinan memiliki skill umum dibidang gambar teknik, software CNC, autoCAD, pengoperasian mesin industri milling, inching, mesin bubut, mesin press, mesin las, mengetahui dasar tooling serta banyak lainnya. Pekerjaan yang tepat untuk yang ingin bekerja sebagai operator mesin, teknisi mesin, drafter, welding, bengkel motor mobil, buka usaha pengelasan, pembuatan design mesin, perakitan motor costum dll.

2. Teknik Elektro/ Elektronika

Teknik Elektro/ Elektronika mempelajari skill mengenai arus dan tegangan, elektro mempelajari arus besar seperti pembangkit listrik, sedangkan elektronika lebih ke arus kecil seperti peralatan elektronika, skill yang mereka miliki ialah pengetahuan dasar arus dan tegangan, koneksi kabel, Keselamatan Kerja, Komponen Elektronika beserta prinsip kerjanya, Design Jalur distribusi arus listrik, Design PCB, dll. Pekerjaan yang tepat untuk jurusan ini ialah menjadi teknisi elektro, teknisi elektronika, bekerja di Pembangkit Listrik (PLN), perancang PCB, operator mesin produksi elektronik, teknisi repair HP, inspeksi PCB, atau membuka jasa service elektronik.

3. Teknik Multimedia dan Informasi

Lulusan SMK Teknik Multimedia dan IT memiliki berbagai macam skill yang sangat berharga dalam dunia industri saat ini. Mereka dilengkapi dengan pengetahuan mendalam tentang desain grafis, pengembangan website, animasi, fotografi, dan editing video. Skill ini memungkinkan mereka untuk menjadi ahli dalam menciptakan konten visual yang menarik dan profesional. Contoh pekerjaan yang dapat diambil oleh lulusan SMK Teknik Multimedia dan IT adalah sebagai desainer grafis, di mana mereka dapat menciptakan logo, brosur, dan materi pemasaran lainnya untuk berbagai perusahaan. Selain itu, mereka juga dapat bekerja sebagai pengembang website, menghasilkan website yang fungsional dan menarik untuk klien mereka. Mereka juga dapat menjadi animator, menciptakan animasi yang menarik untuk film, iklan, atau permainan. Lulusan SMK Teknik Multimedia dan IT juga dapat menjadi fotografer, mengambil gambar profesional untuk berbagai keperluan seperti pernikahan, produk, atau fashion. Terakhir, mereka juga dapat bekerja sebagai editor video, menghasilkan video yang berkualitas tinggi untuk keperluan pemasaran atau hiburan. Dengan skill yang mereka miliki, lulusan SMK Teknik Multimedia dan IT memiliki banyak peluang karir yang menjanjikan di industri kreatif.

4. Teknik Pengelasan

Lulusan SMK Teknik Pengelasan memiliki keterampilan yang sangat berharga dalam industri manufaktur dan konstruksi. Mereka mampu mengoperasikan berbagai jenis mesin pengelasan seperti mesin las listrik, mesin las gas, dan mesin las argon. Selain itu, mereka juga terampil dalam membaca dan menginterpretasikan gambar teknik serta memahami prosedur pengelasan yang tepat. Sebagai contoh pekerjaan, lulusan SMK Teknik Pengelasan dapat bekerja sebagai operator pengelasan di pabrik manufaktur, teknisi pengelasan di perusahaan konstruksi, atau bahkan menjadi pengusaha mandiri dalam bidang jasa pengelasan.

5. Teknik Perkapalan

Lulusan SMK Teknik Perkapalan memiliki keterampilan yang sangat berharga dan relevan dalam industri maritim. Mereka dilengkapi dengan keterampilan teknis dan praktis dalam merancang, membangun, dan memperbaiki kapal. Sebagai contoh, mereka dapat bekerja sebagai operator atau teknisi perkapalan di galangan kapal atau perusahaan pelayaran, bertanggung jawab untuk memelihara dan memperbaiki mesin, sistem listrik, dan peralatan lainnya. Selain itu, mereka juga dapat bekerja sebagai desainer kapal, mengembangkan desain yang efisien dan inovatif untuk kapal-kapal baru. Keterampilan lulusan SMK Teknik Perkapalan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan kemajuan industri perkapalan di Indonesia.

6. Teknik Pariwisata

Skill lulusan SMK Teknik Pariwisata meliputi pengetahuan mendalam tentang industri pariwisata, kemampuan komunikasi yang baik, keterampilan organisasi acara, penguasaan bahasa asing, dan keahlian dalam pelayanan pelanggan. Contoh pekerjaan yang dapat dijalani oleh lulusan ini antara lain menjadi pemandu wisata, front office staff di hotel, manajer acara, atau konsultan pariwisata. Dengan skill yang dimiliki, lulusan SMK Teknik Pariwisata dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam industri pariwisata dan menjalani karir yang sukses.

7. Teknik Kimia

Lulusan SMK Teknik Kimia memiliki berbagai keterampilan yang dapat mereka terapkan dalam berbagai pekerjaan. Misalnya, mereka memiliki keterampilan dalam mengoperasikan dan memelihara peralatan kimia, menganalisis dan menguji sampel, serta memahami prinsip-prinsip dasar kimia. Dalam industri, mereka dapat bekerja sebagai operator produksi, teknisi laboratorium, atau ahli kimia di perusahaan manufaktur, perusahaan farmasi, atau perusahaan kimia. Mereka juga dapat bekerja di laboratorium penelitian atau institusi pendidikan sebagai asisten peneliti atau pendidik. Dengan keterampilan yang mereka miliki, lulusan SMK Teknik Kimia memiliki peluang yang baik untuk berkembang dan sukses dalam karir mereka.

8. Teknik Keperawatan

Lulusan SMK Teknik Keperawatan memiliki beragam keterampilan yang sangat berharga dalam dunia perawatan kesehatan. Mereka dilengkapi dengan pengetahuan mendalam tentang anatomi dan fisiologi tubuh manusia, keterampilan dalam memberikan perawatan dasar seperti pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah, serta kemampuan untuk mengelola data medis dengan akurat. Contoh pekerjaan yang dapat dijalankan oleh lulusan SMK Teknik Keperawatan antara lain sebagai asisten perawat di rumah sakit atau klinik, perawat di pusat kesehatan masyarakat, atau bahkan sebagai instruktur dalam program pelatihan keperawatan.

9. Teknik Akuntansi

 Skill lulusan SMK Teknik Akuntansi yang sangat berharga adalah kemampuan dalam mengelola keuangan, membuat laporan keuangan, dan menggunakan perangkat lunak akuntansi(microsoft excel, word, SPSS, dll). Mereka juga memiliki pengetahuan mendalam tentang prinsip akuntansi dan peraturan perpajakan. Contoh pekerjaan yang dapat mereka lakukan adalah sebagai asisten akuntan, staf administrasi keuangan, atau analis keuangan. Mereka mampu menyusun laporan keuangan, mengelola pembukuan, dan membantu dalam proses audit.

10. Teknik Mekatronika

Lulusan SMK Teknik Mekatronika memiliki beragam keterampilan yang sangat berharga di berbagai dunia industri. Hal ini dikarenakan, lulusan teknik mekatronika mereka dilengkapi dengan pengetahuan mendalam tentang mekanik, elektronik, dan otomasi, serta kemampuan dalam merancang, memasang, dan memelihara sistem mekatronika. Keahlian ini memungkinkan mereka untuk bekerja di berbagai bidang, seperti industri manufaktur, otomotif, dan elektronik, bahkan IT. Sebagai contoh, lulusan SMK Teknik Mekatronika dapat bekerja sebagai teknisi perawatan dan perbaikan mesin industri, teknisi perakitan dan pengujian produk elektronik, atau teknisi perawatan kendaraan otomotif yang dilengkapi dengan teknologi canggih. Dengan keterampilan yang mereka miliki, lulusan SMK Teknik Mekatronika memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengembangkan dan memelihara sistem mekatronika yang kompleks, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas di berbagai sektor industri industri maju.

Selain itu masih banyak teknik lainnya atau jurusan lain dari lulusan SMK di Indonesia yang beragam, serta masih banyak lagi skill serta contoh pekerjaan buat lulusan SMK, hal ini disesuaikan kebutuhan Sumber Daya Manusia di pasar industri yang kian berkembang di daerah daerah seluruh wilayah Indonesia, dimana yang terpenting di dunia kerja selain membutuhkan hardskill juga membutuhkan attitude agar bisa bekerja dengan baik. So jadi masih ragu untuk masuk SMK sobat?

to close