Laporan Keuangan Bulanan Excel (Rumus Buat + Template Download) - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan Keuangan Bulanan Excel (Rumus Buat + Template Download)

Laporan Keuangan Bulanan Excel adalah hal yang wajib dibuat untuk perusahaan untuk tujuan mengetahui performa keuangan perusahaan baik skala kecil maupun besar laporan keuangan sangat menentukan strategi bisnis dan pemasaran perusahaan dan apa saja yang bisa di efisiensikan di bulan atau semester keuangan selanjutnya.

Banyak yang menganggap cara membuat laporan keuangan bulanan menggunakan excel itu sulit, padahal sebenarnya jika sudah mengetahuinya maka akan sangat mudah untuk membuatnya. Pada artikel ini akan jufrika.com mengupas komponen apa saja yang diperlukan untuk membuat dasar laporan keuangan beserta contoh yang sudah jadinya yang bisa di download.

Rumus Excel Yang Digunakan Untuk Membuat Laporan Keuangan Bulanan

Ada beberapa rumus yang digunakan untuk membuat komponen dalam laporan keuangan menggunakan microsoft excel. Contoh komponen laba rugi perusahaan, arus kas, neraca, juga bisa ditambahkan beberapa dynamic chart, pivot table yang memudahkan laporan keuangan dimengerti oleh pemimpin perusahaan.

Umumnya rumus excel untuk membuat hal tersebut ada beberapa yang perlu untuk sobat kuasai :

1. SUM, merupakan rumus utama, berfungsi untuk menjumlahkan arus kas keuangan, misal jumlah debit hari pertama hingga hari ke 30 setiap bulannya. Rumus SUM  sangatlah mudah yaitu :

  • =SUM(number1;[number2];….)

2. If Else, penggunaannya bisa digunakan untuk mengetahui apakah kondisi keuangan sesuai dengan standard yang ditetapkan perusahaan. Apakah kondisi debit sama dengan kredit dan lain sebagainya. Rumus if else ada 2 macam rumus :

  • IF tunggal menggunakan rumus berikut =IF(logical_test;[value_if_true];[value_if_false]).
  • IF bercabang menggunakan rumus berikut =IF(logical_test1;[value_if_true];(IF(logical_test2;[value_if_true];[value_if_false]))

3. SUM IF,  sum if digunakan untuk menetukan penjumlahan jika kondisi tertentu terpenuhi atau tidak. Misal stok barang masih tersedia atau tidak dengan jumlah permintaan. Rumus sum if bisa ditulis dengan rumus berikut :

  • =SUMIF (range;criteria;sum_range])

4.VLOOKUP, digunakan untuk mengambil data dari tabel lain, misal data saldo sebulan sebelum laporan keuangan dibuat, contoh sederhana VLOOKUP bisa dibaca disini.


5. INDEX, digunakan untuk menentukan nilai berdasarkan letak baris serta kolom pada range data yang ada. Rumus index ada 2 : 
  • Index dengan rumus berformat array =INDEX(array,row_num,[column_num])
  • Index dengan rumus berformat reference =INDEX(reference,row_num,column_num],[area_num])
6. ISBLANK, digunakan untuk cross check atau memeriksa apakah data kosong pada sebuah cell. Rumusnya :
  • =ISBLANK(value)

Itulah dasar-dasar rumus yang digunakan untuk membuat laporan keuangan, dimana selanjutnya kita akan melihat beberapa contoh laporan keuangan yang nantinya bisa sobat download dalam format xlsx (excel).

Contoh Bentuk Laporan Keuangan Menggunakan Excel + Template Download

Laporan keungan bulanan biasanya yang ingin diketahui ialah arus kas, laba untung rugi, dan neraca keuangan. Dan umunya berbentuk table excel untuk mengetahui rincian-rincian tersebut, dimana nantinya laporan bulanan akan dikumpulkan untuk laporan tahunan atau divaluasi sesuai kebijakan perusahaan. Contoh Laporan keuangan bulanan seperti screenshot gambar dibawah ini :

Laporan Keuangan Bulanan Excel.xlsx
 

Itulah contoh laporan keuangan bulanan excel beserta cara buat nya yaitu menggunakan template dan beberapa rumus excel. Bagi sobat yang ingin mendownload format laporan keuangan bulanan tersebut bisa mengunduh lewat link dibawah ini :

download Laporan Keuangan Bulanan Excel.xlsx

close