Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Rumus Excel : VLOOKUP dengan Contoh Soal

Salah satu rumus Excel yang penting dan sering digunakan dalam dunia kerja adalah VLOOKUP. Rumus VLOOKUP merupakan rumus yang berfungsi sebagai rumus pencarian berdasarkan kata kunci tertentu.

Format Rumus VLOOKUP berdasarkan halaman referensi microsoft adalah sebagai berikut :

=VLOOKUP(nilai pencarian, rentang yang berisi nilai pencarian, nomor kolom dalam rentang yang berisi nilai yang dikembalikan, Perkiraan kecocokan (TRUE) atau Kecocokan Persis (FALSE)).

Untuk langsung dengan cepat memahami penggunaan VLOOKUP maka kita langsung praktek menggunakan contoh soal sederhana :

Contoh Seorang Manager PT. JUFRIKA.COM ingin berbagi Bonus hadiah karyawan berdasarkan golongan gaji dengan bentuk sumber data gaji berdarakan data tabel sebagai berikut :

Example : Table Bonus Category

Sedangkan karyawan PT. JUFRIKA.COM tersebut berjumlah 99 orang, jika menulis satu persatu maka akan ribet, maka diperlukanlah rumus VLOOKUP.


Caranya ikut step sebagai berikut :
1. klik kolom gaji dengan rumus :

=VLOOKUP(C2,


Ini akan memilih berdasarkan apa kita mencari di tabel sumber, data ini harus sama ya.

2. Seleksi tabel array sumber, contoh disini menggunakan sheet yang berbeda. 

=VLOOKUP(C2,Area sumber,


Sehingga rumusnya menjadi seperti gambar berikut :

3. Ubah setiap angka dan huruf ditambahkan $ di depannya menjadi $A$2:$C$4, tujuannya agar bisa di drag ke kolom bawah dan rumus menjadi fix.

4. Karna kita ingin menuliskan gaji maka tambahkan angka 2, setelah koma area seleksi, karna gaji ada di pada kolom kedua dari sumber data.


5. Masukan FALSE setelah koma, lalu ditutup dengan tutup kurung ) maka hasilnya seperti berikut :


Fungsi FALSE disini agar Vlookup menemukan nilai yang dicari dari tabel referensi pencarian yang sama persis saja. Jika tidak ditemukan maka Vlookup akan menghasilkan pesan error #NA!

6. Drag kebawah hingga semua kolom terisi penuh


7. Untuk kolom bonus range area sama ubah angka 2 menjadi 3 setelah seleksi area sumber sehingga finishingnya sebagai berikut :



Bagaimana mudah bukan sob? tiada sesuatu yang sulit ketika kita berani tuk mulai mencoba, untuk sobat yang memerlukan sample atau contoh dri dokumen latihan diatas bisa mengunduh lewat banner download dibawah ini :

to close