Laptop Toshiba Dynabook Portege X30 D Review Jujur - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laptop Toshiba Dynabook Portege X30 D Review Jujur

Dari pemakaian sebulan jufrika.com akan membahas hasil penggunaan laptop jujur. Dimana penggunaan laptop ini bermerek brand toshiba, atau kini yang disebut dynabook versi portege x30 D. Ya semenjak toshiba melepaskan sisa saham divisi laptop mereka kepada Sharp, brand Toshiba laptop yaitu toshiba dynabook kini berubah menjadi dynabook saja, namun di artikel ini kita tidak akan membahas perubahan itu, artikel akan membahas tentang Seri laptop Toshiba DynaBook Portege versi X30-D yang bentuk dan design nya seperti ini :

Spesifikasi Toshiba Portege X30 D

Spesifikasi Toshiba Portege X30 D Memiliki Spesifikasi seperti berikut ini :

Technical Specifications:

  • Manufacturer:  Toshiba
  • Model: Portege X30-D
  • Processor Type:  Intel Core i7-7600U
  • Processor Speed:  2.80GHz
  • RAM: 2 Slot Ram Up to 32 GB
  • SSD Capacity:  256- 512 GB
  • Graphics Card:  Intel HD Graphics 620
  • Webcam:  Yes
  • Screen Resolution:  1920 x 1080 Support 4K 
  • Display Size :  13.3".
  • OS Original :  Windows 10 PRO
toshiba portege x30 d
Toshiba Portege X30-D side view

 

Dari detail spec diatas bisa sobat ketahui dengan tenaga dasar Processor intel core i7 vPro 7Th Generation (i7-7600) yang berukuran 14nm membuat laptop bisa menjadi tipis namun nendang dengan 4 core dengan masing masing core bisa berjalan 2.8 Ghz.

 

core toshiba dynabook i7

Dibandrol dengan harga baru 20 jutaan yang kini sudah turun diharga 7 hingga 10 juta atau harga second bisa 4 juta hingga 6 juta laptop, dan saya dapat diharga 4 jutaan dari Batam dengan spec 8 GB RAM dan SSD 512 GB.

Laptop ini ukup untuk orang kantoran, programmer dan menemani aktivitas menulis dan bekerja, bahkan untuk pelajar sudah lebih dari cukup. Nah untuk memudahkan review jufrika.com akan membahas beberapa kelebihan yang akan sobat dapatkan jika memiliki laptop toshiba portege X-30D.

1. Desain Laptop : Laptop Design Tipis Dengan Durability Tinggi

Siapa yang tidak kenal dengan brand toshiba? Toshiba terkenal dengan brand elektronik yang durability atau ketahanan nya bisa dikasih bintang 4/5, walau brand toshiba tidak mampu bersaing harga di Indonesia, namun di luar negeri cukup masih menjadi pilihan. 

portege dynabook

Untuk membuat laptop dengan durability yang tinggi, Dengan laptop berbahan Magnesium alloy, Laptop ini sudah bersertifikat MIL-STD-810G, yaitu sertifikasi untuk produk yang lolos dalam pengetesan drops, vibration, shock, dust, altitude, temperature, humidity & solar radiation. Berikut video hasil demo test dari toshiba portege x30 saat launching pertama kali.


2. Konektivitas : Support Konektivitas dual USB type C thunderbolt

 


Eits yang satu ini memang saat ini belum jadi favorit kebanyakan orang, namun port usb seiring perkembangan zaman nantinya lebih banyak menggunakan usb c atau bahkan nirkalbel, maka dengan adanya USB C thunderbold ini merupakan fitur futuristik yang bikin saya bangga menggunakan laptop ini, apalagi dengan adanya usb C thunderbolt saya bisa menggunakan GPU external yang seperti sobat ketahui, untuk menggunakan GPU eksternal salah satu caranya menggunakan konektivitas thunderbold, nah toshiba portege X30-D ini sudah support dual  USB Type C™ supporting Thunderbolt™ 3.

3. Layar LCD : Support Layar Full HD

Untuk saya dan sobat yang masih suka menonton film di laptop hal ini tentu sangat memanjakan saya berlama lama di depan laptop, karena layar mendukung pemutaran video dengan resolusi Full HD, 13.3” HD widescreen anti-glare display, 13.3” Full HD widescreen anti-glare display with IPS Technology, at 1920 x 1080 native resolution.

4. Konetivitas Internet : Bisa menggunakan kartu 4G


Ya sobat tidak salah baca, Toshiba Portege x30-D ini sudah bisa sobat pasangi kartu 4G untuk opsional ketika tidak menggunakan Wi-Fi, tentu hal ini memudahkan kita, dengan menggunakan kartu SIM layaknya modem external tanpa perlu menambah modem lagi, keren bukan fitur ini sob?, fitur ini layaknya smartphone namun dibenamkan di dalam laptop.

4. Sound Card : Hasil kalibrasi dari harman/kardon

Dengan Sound System kalibrasi Harman/kardon™ stereo speakers enhanced with DTS Studio Sound™ pengalaman sound dengan suara stereo makin memanjakan telinga, karena membuat suara yang dihasilkan menghasilkan suara 360° Sound System. Speaker streonya berada di depan kiri dan mousepad. Dengan kerja sama toshiba dengan Harman International Industries, Inc. hal ini membuat sobat untuk tidak bisa meragukan tentang audionya.

5. Security Sistem : Perlindungan Lengkap Ir Camera dan Fingerprint


Dengan dibenamkannya SecuredPad™ with Synaptics® Natural ID fingerprint sensor built right in touchpad reader dan  IR-camera+ untuk face authentication through Windows Hello or Intel® Authenticate, membuat laptop ini memilki security yang cukup kuat, dimana untuk fingerprintnya berada dekat dengan mousepad, walau dekat mousepad jufrika.com rasa tidak mengganggu, dengan fitur security fingerprint tentu menjadikan laptop sobat lebih aman, tidak bisa sembarang orang bisa membuka, terlebih sobat memiliki pekerjaan yang bersifat rahasia.

6. Camera : Kamera Jernih Cocok Untuk Meeting dan Recording

Laptop ini dibekali dengan kamera yang cukup untuk melakukan zoom meeting atau video call melalui laptop, karena dibekali dengan Built-in HD Web Camera with Dual Microphone. Menjadikan suara kita pun cukup jernih dan wajah yang jelas.

7. Penginputan : Keyboard Backlight Yang Elegant 


Ketika mengetik keyboard backlight merupakan suatu inovasi yang cukup berguna. Terlebih jika mengetik, menggunakan keyboard ketika dalam keadaan gelap memudahkan mata untuk menulis dengan benar. Cukup menekan tombol FN+Z keyboard backlight pada toshiba portege x-30D ini dapat dimatikan atau dihidupkan.

Kekurangan Toshiba Portege X-30D

Pertama Untuk Kekurangannya disini sebenarnya cukup jelas, yaitu pada port yang dihadirkan cukup pelit untuk USB Lama, seperti USB 3.0, hanya ada 1 USB saja padahal masyarakat dunia masih banyak menggunakan juga port USB 3.0 ini. Sehingga jika sobat memerlukan PORT tambahan perlu membeli USB Docking tambahan. 

Yang kedua laptop tipis tapi memiliki durability tinggi, tentu banyak mengorbankan komponen komponen besar, salah satu yang sangat besar yaitu kipas. Dimana Laptop Toshiba Portege ini tidak memiliki kipas internal sehingga harus menambahkan kipas external jika sobat menggunakan aplikasi yang teramat sangat berat.  Walau toshiba dengan ini mengakli dengan menggunakan komponen komponen yang low watt sehingga jarang laptop ini panas dan bising, bahkan membuat battery menjadi cukup awet yaitu 14.25 Jam untuk pengoperasian normal.

Link Pembelian Online 

untuk sobat yang malas untuk membeli di toko offline bisa membeli lewat toko online recomendasi dari jufrika.com dibawah ini :

close