Cara Mengetahui SSD Fake Palsu untuk Mencegah File Corupt - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui SSD Fake Palsu untuk Mencegah File Corupt

SSD Solid State Drive sekarang menjadi standar baru untuk komputerisasi modern. Dari perangkat windows hingga macbook, sobat bisa menemukan berbagai jenis SSD berbagai rentang harga.Dan berbagai macam SSD di marketplace dan pasaran lain yang semakin meningkat muncul masalah lain yang juga ikut naik dengan perkembangan SSD yaitu SSD Palsu atau Fake SSD.

Ketika menggunakan SSD Palsu akan memunculkan masalah serius pada perangkat sobat. Misal transfer data yang lama, bahkan kehilangan data akibat corupt.

Apa itu Fake SSD ?

Fake SSD atau SSD Palsu adalah istilah SSD kualitas KW. Kualitas SSD palsu ini memiliki eMMC yang berkualitas buruk. Bahkan tidak jarang SSD palsu hanya berisi microSD yang dikemas dalam bentuk SSD. Dengan sedikit trik para pelaku kecurangan bisa memprogram SD Card yang hanya berapa GB misal 32 GB menjadi berlabelkan 500 GB hingga 1TB.

Hal ini tentu merugikan sobat yang membeli dengan harapan dengan menggunakan SSD kecepatan laptop serta performanya meningkat malah kehilangan uang dan kehilangan data data penting.

Bagaimana Mengetahui SSD Palsu?

Karna menggunakan SSD Palsu bisa berakibat fatal berikut cara membedakan SSD Asli dengan SSD Palsu.

1. Perhatikan Label SSD

 Banyak SSD Palsu bermerek brand brand terkenal seperti SSD samsung, kingston, Western Digital, Adata, Vgen. Sebelum membeli perhatikan labelnya biasanya label SSD Palsu memiliki kualitas label yang murahan dan harga jauh dari harga pasaran. Misal Samsung 970 Evo plus yang memiliki harga 1 jutaan dijual dengan harga sebesar harga membeli SD card maka sobat patut curiga.

Dan perlu sobat ketahui setiap SSD memiliki serial number, sobat bisa mengeceknya melalui manufaktur website database masing masing. Jika palsu tentu serial number dari SSD itu tidak akan terdaftar.

2. Perhatikan Hardware dengan Cermat

Cara kedua atau langkah kedua yaitu inspect fisik hardware SSD. SSD Fake biasanya terlihat lebih murahan dan lebih ringan. Perhatikan juga jika SSD NVMe atau SSD PCIe yang terlihat langsung IC nya atau NAND Cell nya memiliki Glossy finishing dan memiliki kode yang jelas. Jika memiliki matte finisih dan kode di blur atau mudah hilang maka sobat patut curiga dengan SSD yang dimiliki.

3. Gunakan Software Analysis

Cara ketiga yang bisa dicoba yaitu menggunakan cara Software Analysis. Cara ini merupakan cara yang paling akurat untuk mengetahui SSD Asli Genuine atau Palsu. Tidak perlu banyak modal sobat dapat langsung mencoba menjalankan beberapa aplikasi program atau games di PC yang menggunakan SSD palsu. 

Jika SSD Palsu maka akan memunculkan peringatan bahwa kapasitas memory untuk menjalankan aplikasi tidak cukup. Atau jika tidak ingin menjalankan program dan aplikasi bisa dengan mencopy file dengan kapasitas yang tertera pada label kemasan maka akan muncul masalah transfer data.

4. Beli di Toko Official Marketplace

Jika tidak ingin memikirkan banyak hal hal yang paling mudah untuk sobat lakukan adalah membeli SSD di Official Store. Misal Ketika membeli di tokopedia, maka telusuri dahulu apakah store tersebut official atau tidak. Berikut rekomendasi official store SSD murah berkualitas dari jufrika.com yang jufrika.com jamin semua yang ada disini adalah barang asli dari brand samsung dan garansi 5 tahun jika barang ini palsu ataupun rusak.



close