Mengenal KNKT, Salah satu Tim Investigasi Rangka Honda eSAF - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal KNKT, Salah satu Tim Investigasi Rangka Honda eSAF

Ditengah viral masalah rangka Honda eSAF, maraknya video rangka Honda keropos dan patah, Pemerintah membentuk tim investigasi gabungan dengan AHM, Kemenhub dan KNKT. AHM merupakan pihak honda, sedangkan Kemenhub dan KNKT merupakan pihak pemerintah. Namun siapakah KNKT?

Ilustrasi


Dilansir wikipedia Komite Nasional Keselamatan Transportasi merupakan sebuah lembaga pemerintahan nonstruktural Indonesia yang melaksanakan tugas dan fungsi investigasi kecelakaan transportasi.

KNKT sendiri ternyata sudah lama dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 105 Tahun 1999, Komite ini dibentuk dalam masa pemerintahan Presiden teknokrat yang sangat visioner Indonesia, yaitu Prof. DR. Ir. B.J.Habibie.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai KNKT, jufrika.com mencoba mencari dari beberapa sumber terpercaya salah satunya website resmi KNKT sendiri menggunakan alamat web pemerintah yaitu knkt.go.id, namun ternyata websitenya cukup lama untuk dibuka. 

Beberapa informasi terkait KNKT Tugas dan Fungsi Utama yaitu :

Tugas :

  • Melaksanakan Investigasi Kecelakaan Transportasi;

Fungsi :

  1. Permintaan data dan keterangan kepada perseorangan, pelaku, pegawai/pejabat instansi terkait, instansi terkait, lembaga/organisasi profesi terkait, masyarakat, dan/atau pihak lain;
  2. Pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data secara sistematis dan obyektif penyebab Kecelakaan Transportasi;
  3. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan Investigasi Kecelakaan Transportasi;
  4. Pemberian dan/atau penyampaian rekomendasi dalam laporan akhir Investigasi Kecelakaan Transportasi;
  5. Pelaksanaan koordinasi dan kerja sama Investigasi Kecelakaan Transportasi;
  6. Pelaksanaan evaluasi, pemantauan, klarifikasi, pengkajian, dan sosialisasi atas rekomendasi dalam laporan akhir Investigasi Kecelakaan Transportasi;
  7. Penyelenggaraan sistem informasi Investigasi Kecelakaan Transportasi


untuk menjalankan tugas Investigasi Kecelakaan Transportasi, KNKT bekerja mengikuti standard internasional yang mewajibkan investigasi, misalnya konvensi yang diterbitkan oleh ICAO (Annex 13), IMO (MARPOL, SOLAS, ILLC), ILO (MLC), dan PBB (UNCLOS), termasuk berbagai aturan turunan dari konvensi tersebut.

Beberapa kasus yang besar yang berhasil tim Investigasi ini lakukan diataranya terkait kecelakaan ecelakaan berikut ini :

  • Kereta teknis pada jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung. 
  • Kecelakaan kapal Evelyn Calisca 1. 
  • Pesawat Lion Air di Bali.
  • kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182.
  • Pesawat Adam Air Penerbangan 172
  • Pesawat Adam Air Penerbangan 574
  • Kecelakaan Garuda Indonesia Penerbangan 200
  • Lion Air Penerbangan 904
  • Kecelakaan Mandala Airlines Penerbangan 91
  • Merpati Nusantara Airlines Penerbangan 8968
  • Kecelakaan Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak

hingga yang terkini kasus keropos dan patahnya rangka eSAF sepeda motor matic Honda yang masih berusia kurang dari 3 tahun, yang beberapa membuat orang kecelakaan dan merugi. Itulah sekilas mengenai KNKT, Salah satu tim investigasi independen yang kita harap bisa menuntaskan investigasinya secara independen tanpa campur tangan KKN untuk menutupi analisa sebenarnya.



close