Hasil Final Investigasi Kemenhub & KNKT AHM Honda : Rangka Kuat atau Berkarat? - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hasil Final Investigasi Kemenhub & KNKT AHM Honda : Rangka Kuat atau Berkarat?

Berita mengejutkan dari Kemenhub dan KNKT setelah ikut investigasi dengan team AHM Honda soal rangka eSAF cukup mengejutkan, walau hasilnya tidak jauh berbeda dengan analisa team engineering D TECH dengan simulasi stress menggunakan komputer mengatakan rangka ini kuat namun memiliki faktor desain external yang buruk yang selengkapnya analisa engineering dapat sobat baca di artikel berikut :

Sasis eSAF dengan Analisa dan Simulasi Fisika

Namun tetap masyarakat menanti hasil analisa resmi dari pemerintah melaui KNKT bersama Kemenhub, dan hasilnya cukup mengejutkan. 

 


Berikut poin poin hasil investigasi KNKT dan Kemenhub, baik di dalam pabrik AHM Honda yang berada di karawang, dan di luar pabrik atau hasil aktual di lapangan sepeda motor di masyarakat:

  • Setelah sebulan menginvestigasi di dalam pabrik AHM Honda dengan melihat langsung dari proses incoming material (material datang), proses press, proses welding, dan proses pelapisan (cat) maka proses dinyatakan pembuatan rangka eSAF mengikuti standard Global.
  • Hasil Perhitungan Finite element method yang dibandingkan langsung di pabrik AHM, struktur rangka eSAF tidak memiliki titik kritis atau stress yang berarti, maka disimpulkan bahwa rangka ini kuat. 
  • Sedangkan hasil investigasi di luar pabrik Honda, kemenhub serta KNKT menemukan sepeda Motor yang menggunakan rangka eSAF milik konsumen lapisan cat bagian dalam tidak di lapisi dengan sempurna dan ada karatnya.

Sehingga KNKT dan Kemenhub menyimpulkan Rangka eSAF kuat namun berkarat di dalam, sehingga perlu sosialisasi cara merawat sepeda motor dikalangan masyarakat. Namun bentuk tanggung jawab AHM Honda membuka pelayanan pengecekan rangka Honda, jika masih dalam garansi maka akan diganti.

Hasil yang sebenarnya cukup mengecewakan karna tidak ada sanksi tegas kepada pihak AHM untuk melakukan recall, bagaimana menurut sobat?

proses pengendalian kualitas produk mulai tahap incoming material, press, welding dan pelapisan.

Baca artikel detikoto, "Pernyataan Lengkap Kemenhub-KNKT soal Rangka eSAF Honda" selengkapnya https://oto.detik.com/motor/d-6936676/pernyataan-lengkap-kemenhub-knkt-soal-rangka-esaf-honda.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/pros
close