Apa itu Galbay? Kenali Keuntungan dan Kerugian Galbay - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Galbay? Kenali Keuntungan dan Kerugian Galbay

Galbay merupakan singkatan dari gagal bayar, istilah ini merupakan istilah yang biasa dipakai di dunia pinjaman online ketika seorang nasabah atau debitur tidak bisa membayar pinjaman uang atau hutang di pinjaman online.

Galbay pinjaman online atau biasa disingkat Galbay Pinjol sendiri dapat dialami seseorang yang melakukan pinjaman baik menggunakan aplikasi yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) maupun aplikasi pinjaman yang diawasi OJK (Ilegal App). 



Untuk itu, sebelum meminjam dana dari aplikasi pinjol, sobat harus berpikir dahulu secara selektif dan memiliki komitmen tinggi dalam melakukan pinjaman serta siap menanggung resiko dari menggunakan pinjol.

Apakah Galbay itu aman? Tindakan Gagal Bayar tidak bisa dihindarkan sebagai resiko dari peminjam dana, namun menjadi keutungan serta kerugian juga terhadap yang meminjam dana. Berikut keuntungan dan kerugian dari tindakan GalBay yang bisa menjadi pertimbangan sobat dalam melakukan tindakan Galbay, terkhusus nya pada aplikasi pinjol yang sudah diawasi OJK:

A. Keuntungan

1. Tidak Perlu membayar dana pinjaman

B. Kerugian

1. Masuk ke Black list BI Checking

Terkhusus untuk aplikasi pinjol yang sudah terdaftar di OJK, maka dapat dipastikan data sobat aman 100%, namun karna diawasi oleh OJK maka data sobat jika tidak mampu melunasi atau membayar pinjaman akan masuk ke black list pada Pusat data fintech lending (Pusdafil), yang akhirnya sobat akan kesulitan nantinya jika ingin mendaftar cicilan maupun pinjaman lain seperti misal ingin mencicil rumah dengan skema KPR yang memerlukan BI Checking.

2. Denda + Bunga yang semakin Besar 

Hal ini tentu tidak dapat dihindari yaitu denda yang sudah diperingatkan diawal meminjam, dimana jika bunga awal yang kecil jika dibiarkan, memiliki resiko nilai pembayaran pinjaman menjadi lebih besar ditambah denda keterlambatan pembayaran, contoh misal : yang harusnya hanya perlu membayar 1 juta bisa membengkat hingga berkali-kali lipat.

3. Dikejar-kejar Debt Collector Aplikasi

Apakah sobat tipe yang senang dikejar-kejar orang? debt collector atau penagih utang ialah seseorang yang bertugas untuk menagih utang pinjaman jika sobat meminjam lewat aplikasi pinjol khususnya, untuk aplikasi yang diawasi OJK, skema penagihan sudah diatur dimana debt collector harus membawa surat resmi tugas penagihan dan tidak boleh sampai melakukan kekerasan dalam penagihan, namun walau hal itu sudah diatur kenyataan dilapangan tentu bisa saja berbeda.

4. Penyitaan Aset
Jika sobat tidak mampu membayar dan pinjaman sobat sudah terlampau besar bisa jadi solusi terakhir adalah aset aset berharga yang sobat miliki disita, misal handphone, kendaraan, bahkan hingga rumah. 

So, itulah keuntungan serta kerugian dari melakukan tindakan Galbay atau istilah kasarnya menipu peminjaman dana dengan berharap keuntungan tidak perlu membayar pinjaman namun memiliki resiko resiko yang siap ditanggung pribadi.
close