Mengenal 5S, Istilah sederhana yang sering digunakan dalam perusahaan - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 5S, Istilah sederhana yang sering digunakan dalam perusahaan

 Apakah sobat pernah mendengar istilah 5S, bahkan sering kali atasan di suatu perusahaan berkata " tolong jaga 5S nya ya", Apa itu 5S? Bagaimana istilah ini penting sekali dalam perusahaan? berikut penjelasan ringkas dari jufrika.com

Asal usul istilah 5S

5S merupakan istilah Jepang untuk menggambarkan secara sistematik praktek housekeeping yang baik, dan terbukti efektif diterapkan dibeberapa negara.  5S adalah singkatan dari 5 kata dalam bahasa jepang yang semua kata diawali oleh huruf S; Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke.




Seiri (Ringkas)

Cara menerapkan Seiri(Ringkas) yaitu dengan cara membedakan antara yang diperlukan dan yang tidak diperlukan serta membuang yang tidak diperlukan, hal ini akan sejalan dengan Seiton.

Seiton (Rapi)

Menentukan tata letak yang tertata rapi sehingga kita selalu menemukan barang yang diperlukan

Seiso (Resik)

Menghilangkan sampah kotoran dan barang asing untuk memperoleh tempat kerja yang lebih bersih. Pembersihan dengan cara inspeksi: “Bersihkan segala sesuatu yang ada di tempat kerja”

Seiketsu (Rawat)

Memelihara barang dengan teratur rapi dan bersih juga dalam aspek personal dan kaitannya dengan polusi:”Semua orang memperoleh informasi yang dibutuhkannya di tempat kerja, tepat waktu”

Shitsuke (Rajin)

Melakukan sesuatu yang benar sebagai kebiasaan: “Lakukan apa yang harus dilakukan dan jangan melakukan apa yang tidak boleh dilakukan”

Jika  5S diterapkan di dalam setiap diri karyawan perusahaan maka tentunya produktivitas karyawan akan meningkat dengan lingkungan kerja yang asri,  terlihat bersih, dan mempermudah kita mencari barang atau alat yang akan kita gunakan dan agar barang atau alat tersebut selalu dalam kondisi terawat dan siap digunakan kapan saja. Semoga kita bisa selalu bisa menerapkan prinsip 5S dimanapun dan kapanpun.
close