Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi Motor Brebet ketika di GAS

Ada beberapa Penyebab motor Beat brebet ketika di gas, seperti bunyi ngeden "bret bret" dan hasilnya seperti kurang tenaga, apalagi saat sobat menjalankan motor dalam kecepatan tinggi dan motor tiba tiba tersendat tentu kondisi seperti itu sangat mengganggu bukan. 

Nah untuk itu sebenarnya sobat bisa memperbaikinya sendiri karena penyebabnya sebenarnya cukup sepele. Berikut beberapa penyebab kendaraaan bermotor bunyi brebet.

1. Filter Kotor



 
Filter Udara berperan sebagai filter udara yang masuk dalam pembakaran, namun dengan adanya filter ini jika tidak diganti/ kotor lama kelamaan menyebabkan debu dan kotoran menghambat saluran udara ke pembakaran, sehingga membuat ketika sobat meng-gas motor akan bunyi suara tertahan atau bunyi brebet.

Solusi jika penyebabnya adalah filter udara, sobat bisa rutin membersihkan filter udara dengan air compresor atau jika sudah terlalu banyak debunya sobat bisa menggantinya di bengkel langganan sobat.
Untuk mengganti dengan sparepart baru Kisaran harga filter berkisar antara 30 ribu hingga 50 ribu rupiah, gak mahal kok.
 

2. Busi Lemah atau Rusak



Busi berfungsi sebagai pematik api ketika motor dinyalakan, pematik api ini lah yang menyebabkan kendaraan hidup karena fungsinya sebagai pemancing bahan bakar dan udara menjadi penggerak motor. 

Jika busi bagus maka kendaraan mudah untuk di starter, jika macet macet tandanya busi mulai kotor atau rusak, hal ini pun terkadang membuat kendaaran sobat mati mati di jalan, atau kadang brebet karena pengapian tidak sempurna.

Untuk menggati busi di bengkel biasa berkisar antara 10 ribu hingga 20 ribu rupiah saja sob.

3. Saluran Pompa Minyak Rusak



Tak hanya mobil, penyebab kendaran bermotor ketika berjalan brebet adalah adanya masalah pada Saluran Pompa Minyak atau Fuel Pump, baik kelistrikannya sudah karatan, atau kotoran menumpuk karena sering diisi minyak oplosan pinggir jalan (minyak yang tercampur air) . 

Jika masalah ini terjadi coba sobat cek terlebih dahulu apakah fuel pump masih bekerja dengan baik atau tidak, jika memang sobat tidak bisa coba bawa kebengkel terdekat, namun jangan sampai fuel pump sobat rusak karna Jika fuel pump rusak harganya cukup mahal sob dari harga 300 hinga 600 ribu tergantung merek motor.

4. Karburator kotor / injeksi kotor



Biasanya karburator rusak karena kemasukan air, Saat air ini masuk ke karburator, air memang akan terpisah , namun ketika gas motor dinaikan, otomatis RPM mesin naik dan itu akan mempercepat kecepatan aliran bensin yang menuju intake manifold.

Disinilah air dapat terhisap dan masuk ke intake manifold, tapi karena air bukan bahan bakar mesin justru akan brebet dan kemudian mati.

Hal seperti ini ini bisa sobat atasi dengan menguras ruang pelampung karburator dengan membuka sekrup yang ada pada mangkuk karbu. Tapi kalau ada cukup banyak air didalam tanki, sobat perlu menguras tanki motor.

 Berbeda dengan karburator injeksi, Khusus motor injeksi, penyebab motor brebet bisa disebabkan oleh komponen injektornya. Apabila komponen ini rusak, maka pembakaran sudah pasti terganggu. Injektor mengalami kerusakan ketika sobat tidak menggunakan bahan bakar yang tepat,  Apabila injeksi sudah rusak atau kotor, maka akan menyebabkan mesin jadi brebet.

Nah itulah 4 cara mengatasi motor brebet ketika digas, semoga bermanfaat sob, dan semoga perjalanan sobat lancar
to close