MIFI VS WIFI, Mana yang lebih Menguntungkan digunakan? - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MIFI VS WIFI, Mana yang lebih Menguntungkan digunakan?

Koneksi internet merupakan dapat dikatakan sebagai kebutuhan pada zaman digital saat ini, terkoneksi internet membuat sobat bisa berkomunikasi, mendapatkan hiburan, bahkan mencari cuan dengan menggunakan internet. Bahkan, cara yang digunakan juga beragam. Ada yang lebih suka menggunakan Data selular, WiFi, bahkan ada juga yang lebih suka menggunakan MiFi.

Namun terkhususnya WiFi dan MiFi banyak yang kurang mengerti perbedaan keduanya, nah pada artikel ini akan sedikit dibahas mengenai perbedaan MiFi vs WiFi, agar sobat mengetahui mana yang lebih menguntungkan jika digunakan.



Pengertian WiFi dan MiFi 


Pengertian WiFi

WiFi (Wireless Fidelity) merupakan salah satu cara paling populer yang kini digunakan untuk terhubung dengan jaringan internet. WiFi mengandalkan jaringan yang disediakan oleh penyedia layanan melalui sambungan kabel, biasanya kabel yang digunakan bertipe fiber-optic kemudian dipancarkan kembali menggunakan router, dan dengan adanya router tersebut jangkauan internet bisa seluas rumahKarna sumber utamanya adalah kabel fiber maka Wi-Fi hanya bisa berada disatu tempat saja tidak bisa berpindah pindah.

Pengertian MiFi 

MiFi singkatan modem WiFi adalah jaringan nirkabel (tanpa kabel) yang menyediakan konektivitas internet ketika sobat tidak sedang bertempat tetap di satu lokasi/ berpindah pindah lokasi. Artinya, MiFi dipancarkan melalui satu perangkat tertentu yang dapat dengan mudah dibawa kemanapun sobat pergi, selayaknya sobat mengaktifkan hotspot dari smartphone.

Letak perbedaan MiFi dengan terathering hotspot adalah MiFi menggunakan perangkat khusus yang memiliki baterai yang ditanam di dalamnya, serta slot kartu SIM untuk menjadi penyedia layanan internet.


Keuntungan dan Kelebihan Utama MiFi vs WiFi


Jika dilihat, ada beberapa perbedaan mendasar yang terdapat pada kedua jenis cara sambungan tersebut sudah dapat sobat lihat dari sumber internet dan perangkat penyebarnya.

Jika dilihat dari segi Perangkat yang digunakan, WiFi memerlukan beberapa perangkat seperti kabel sambungan FO ke jaringan dan router yang berguna memancarkan jaringan yang disediakan sedangkan  MiFi, cukup perangkatnya MiFi itu sendiri dengan kartu SIM dengan paket data aktif di dalamnya, jelas MiFi lebih ringkas jika digunakan untuk berjalan kemana mana. Namun pada WiFi sambungan yang disediakan adalah sinyal radio dengan frekuensi tinggi yang berkisar antara 2,4 GHz sampai 5 GHz, sedangkan pada MiFi jaringan yang disediakan adalah jaringan seluler standar seperti 3G, 4G LTE, bahkan kini sudah ada yang 5G dan sejenisnya. Jadi MiFi masih bergantung pada sinyal dari provider internet yang ada. 


Dari sumber dan perangkat penyebarannya dapat disimpulkan bahwa kecepatan sambungan menggunakan WiFi masih cenderung lebih unggul karena dasar jaringan yang digunakan adalah kabel fiber namun tidak dapat dibawa kemana mana hanya di satu area saja. 


Sedangkan M-Fi kebalikannya dari segi kecepatan masih kalah dengan WiFi atau bergantung pada sinyal provider yang ditangkapnya namun dari segi keringkasan lebih simple menggunakan MiFi jika mobilitas sobat lebih tinggi dan tidak diam di tempat.


Jadi pada akhirnya keduanya sama-sama menguntungkan namun ingat, Mifi vs WiFi hanya perihal kebutuhan sobat, dari segi harga juga perlu pertimbangkan Wi-Fi biasa lebih mahal dengan range 200 hingga 300 ribu untuk saat ini namun kuotanya unlimited, sedangkan provider kartu bisa lebih murah namun kuota yang ada dibatasi, nah dengan pertimbangan itu saatnya sobat bisa memilah dan memilih mana yang lebih menguntungkan menggunakan WiFi atau MiFi demi lancarnya kegiatan sobat sehari hari

close