Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Mengirim Gambar WhatsApp Agar Kualitas Tetap HD

Seperti aplikasi pesan instan lainya WhatsApp Mesengger memiliki fitur mengirim gambar juga, namun tahukah sobat fitur kirim gambar di WhatsApp dapat mengurangi resolusi gambar, dikarenakan resolusinya di kompres hingga ukuran kecil, sehingga ketika mengirim gambar HD sekalipun maka WhatsApp akan mengompress resolusinya hingga menjadi kecil.

Fitur compress ini memang tujuannya baik, agar penggunaan data menjadi lebih kecil, dan memudahkan mengirim gambar kepada teman atau ke dalam grup. Namun ada saatnya kita membutuhkan melihat gambar yang dikirim memiliki kualitas dan resolusi sama dengan sebelum dikirim melalui pesan WA.

whatsapp hd pictures

Misal ketika sobat ingin mencetak/print suatu foto yang sangat penting, seperti foto pernikahan, atau foto dokumen penting lainnya, mengirim pesan langsung lewat WA ternyata membuat resolusinya pecah ketika di print out. Lalu bagaimana solusinya?

Berikut tutorial mengirim gambar WhatsApp agar kualitas tetap HD

  • Siapkan File Gambar yang ingin sobat kirimBuka aplikasi WhatsApp dan buka kontak chat WA teman sobat/ grup WA.
  • Kemudian klik “Lampirkan File”.
  • Kemudian klik menu “Dokumen”. 
  • Klik “Lihat Dokumen Lain”. Dengan demikian maka sobat dapat melihat semua folder yang ada di memori internal ataupun eksternal.
  • Cari folder tempat sobat menyimpan file gambar.
  • Jika sudah ketemu, silahkan pilih gambar tersebut. Jika ada lebih dari satu gambar silahkan klik tahan salah satu gambar, maka Anda bisa menyeleksi beberapa file gambar.
  •  Terakhir klik kirim file gambar tersebut.

 

Kenapa melalui menu dokumen ? Hal ini bertujuan agar gambar yang sobat kirim terdeteksi sebagai dokumen, dan dokumen sendiri tidak akan di kompres automatic oleh WhatsApp. Beda halnya jika Anda mengirim gambar menggunakan menu “galeri”, gambar tersebut akan secara otomatis di kompres.

Namun perlu diingat kualitas bagus yang dikirim membutuhkan kuota data yang cukup besar hal ini tidak cocok jika sobat mencoba mengirim foto dengan ukuran file terlalu besar misal 1 GB lebih atau setara itu.

Jika memang ukuran terlalu besar sobat bisa mencoba mengirim melalui peyimpanan Google Drive lalu mengirim linknya kepada teman sobat. atau sobat bisa mencoba mengirim menggunakan Share It yang tidak membutuhkan internet. 


Sekian Trik Mengirim Gambar WhatsApp Agar Kualitas Tetap HD semoga bermanfaat sob!. 

 

BACA JUGA : Download SHAREit 2.5.1.1 Full for PC Aplikasi Kirim File Cepat

to close