Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Cara Kerja , Keutungan dan Aplikasi Solid State Relay (SSR)

Solid State Relay atau biasa disebut SSR adalah perangkat semikonduktor dari relay elektromekanis dan dapat digunakan untuk mengontrol beban listrik tanpa menggunakan bagian yang bergerak seperti relay biasa yang menggunakan kontak dan koil.


 

Cara Kerja Solid State Relay

Cara Kerja Solid State Relay Tidak sama seperti elektro-mekanis relay (EMR) yang menggunakan kumparan atau coil, medan magnet, pegas dan kontak mekanis untuk mengoperasikan dan mengalihkan tegangan. Solid state relay (SSR), tidak memiliki bagian yang bergerak tetapi sebaliknya menggunakan sifat listrik dan optik semikonduktor solid state. untuk melakukan input ke fungsi isolasi dan switching output.

Gambar Rangkaian Penyusun Umum Solid State Relay
Terlihat jelas pada gambar rangkaian diatas bagaimana prinsip kerja dari solid state relay, dimana ketika input diberikan maka cahaya led pada photo detector mengaktifkan trigger untuk mengaktifkan triac, sedang untuk memahami lebih dalam bisa melihat perbandingan Gambar Penggerak Relay Elektromekanis dibawah ini :
Ketika koil mendapatkan tegangan maka kontak akan tertarik oleh medan elektromagnetis dan akhirnya terjadi perubahan pergerakan membuat kaki antar kontak menjadi terhubung.


Keuntungan Menggunakan Solid State Relay 

1. Tidak terjadi aus mekanik, dikarenakan Solid state relay tidak mempunyai bagian yang bergerak.
2. Solid state relay juga mampu menghidupkan dan mematikan dengan waktu yang jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan relay elektromekanik. 
3. Tidak ada pemicu percikan api antar kontak sehingga tidak ada masalah korosi kontak.

 Kekurangan Solid State Relay
1. Harga lebih mahal daripada Relay Elektromekanik.
2. Solid State Relay memiliki cenderungan gagal menutup kontak output, hal ini yang menjadi pertimbangan karena gagal saat membuka kontak akan lebih aman dari pada gagal saat menutup kontak dalam banyak aplikasi di industri.

Aplikasi Penggunaan Solid State Relay

Dalam dunia industri Penggunaan Solid State Relay hampir sama fungsinya pada penggunakan Relay Biasa, namun umumnya digunakan sebagai penghubung kontroller ke arus dan tegangan yang lebih besar dari pada tegangan dan arus pengontrol.

Berikut Contoh Gambar Project Menggunakan Solid State Relay Module
1. Heater Controller
2.IOT Smart Lamp


3. PID Controller


Bagi sobat yang ingin membeli Solid State Relay dengan harga termurah dan original hanya 34000 Rupiah bisa melalui recomendasi jufrika.com pakai lewat link e-commmerce dibawah ini:

Belanja Disini

to close